Sukses

Lifestyle

Di Balik Senyuman, Ada Hidup yang Tak Baik-Baik Saja

Fimela.com, Jakarta Seberapa sering kita menyembunyikan kesedihan dengan senyuman? Sudah berapa lama kita bisa memendam masalah kita sendiri dan menunjukkan raut wajah yang baik-baik saja? Terkadang di balik sebuah senyuman, ada hidup yang tak baik-baik saja.

Orang-orang di sekitar kita mungkin juga melakukan hal yang sama. Mereka tampak tersenyum dan bahagia di depan kita. Tapi sebenarnya ada masalah dan kesulitan yang sedang ia pendam seorang diri. Karena situasi dan keadaan kadang kita memang dengan sengaja menyembunyikan hal yang sebenarnya sedang kita rasakan pada saat itu.

Masing-masing dari kita punya kesulitan hidup masing-masing. Tak semua kesedihan dan masalah bisa kita umbar dan perlihatkan pada semua orang. Demi menjaga perasaan orang lain, kadang kita perlu untuk berusaha untuk terlihat baik-baik saja.

You’re imperfect, and you’re wired for struggle, but you are worthy of love and belonging — Brene Brown.

Hidup ini memang seperti roda. Kadang di atas, kadang di bawah. Ada saatnya kita benar-benar terpuruk dengan semua masalah yang ada. Tapi akan ada saatnya kita bisa kembali tertawa bahagia. Jalani saja semua. Bukan cuma kita sendiri yang merasakannya.

Don’t struggle about the struggle. In other words, life’s full of ups and downs. So if you’re struggling, don’t worry, everyone else has or will at some point. — Sean Covey  

Terkadang kita memang sangat lihai menyembunyikan kesedihan. Orang-orang di sekitar kita pun mungkin ada yang lebih lihai dari kita. Di balik senyumannya yang hangat, ada masalah dan konflik sendiri yang ia sembunyikan dari orang lain. Bisa jadi yang paling tampak hangat senyumannya memiliki kehidupan yang begitu pahit sampai tak ingin diperlihatkan pada orang lain.

What we all need to do is find the wellspring that keeps us going, that gives us the strength and patience to keep up this struggle for a long time. — Winona LaDuke

Tak apa jika saat ini kita merasa hidup sedang tidak baik-baik saja. Tak apa jika kita masih berusaha tersenyum di depan orang lain padahal hati sedang porak-poranda. Adakalanya nanti pada suatu titik kita bisa kembali tersenyum dengan tulus bahagia. Yang terpenting jangan menyerah dahulu. Tetap lanjutkan hidup ini dengan semua energi dan kemampuan yang kita miliki.

Terima kasih pada yang hari ini masih bisa tetap tersenyum. Semoga akan ada lebih banyak kebaikan dan keberkahan yang mewarnai hari-harimu ke depannya. Apapun masalah dan kesulitan yang dihadapi saat ini, semoga akan segera ditemukan solusi dan jalan keluarnya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Merayakan Kemerdekaan dengan Berhenti Meremehkan Pilihan Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Suasana Taman yang Hijau Jadi Inspirasi Pernikahan Impian