Sukses

Lifestyle

Cara Mengetahui Telur Ayam Masih Segar, Ini Triknya!

Fimela.com, Jakarta Pernah bete karena telur yang digunakan untuk memasak atau membuat kue ternyata sudah busuk? Ada baiknya memang kita memastikan dulu kualitas telur ayam yang akan kita gunakan. Ada trik sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu kualitas dan kesegaran telur.

Kita hanya perlu menyiapkan gelas atau baskom berisi air untuk mencari tahu kualitas telur ayam. Selengkapnya, simak keterangannya di sini.

1. Masukkan Telur dalam Gelas atau Baskom Berisi Air

Siapkan gelas atau baskom berisi air. Isi air sampai penuh. Setelah itu masukkan telur secara perlahan ke dalamnya.

2. Bila Tenggelam, Telur Masih Segar

Apabila telur langsung tenggelam, bisa disimpulkan kualitasnya masih bagus. Telur yang masih segar ini bisa langsung diolah sesuai dengan keinginan. Tapi kalau telur malah melayang atau mengambang di permukaan, sebaiknya telur tidak digunakan karena sudah tidak segar atua malah busuk.

Telur segar akan selalu tenggelam karena tidak ada udara di dalam cangkangnya. Tapi kalau telur sudah busuk atau berkualitas buruk, ada udara di dalam cangkangnya dan membuatnya melayang atau mengambang saat dimasukkan ke dalam air. Apalagi kalau telur sudah mengeluarkan bau busuk, sebaiknya segera dibuang.

Bila telur yang kita peroleh kita dapat langsung dari ayam, sebaiknya tak dicuci. Telur punya lapisan alaminya sendiri yang membantu melindunginya dari bakteri. Cukup letakkan telur di dalam wadah dan simpan di bagian tengah kulkas. Kenapa di bagian tengah? Sebab di bagian tengah kulkas, suhunya lebih stabil.

Semoga info ini bermanfaat, ya. Mulai sekarang sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari tahu kesegaran dan kualitas telur ayam

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Pindang Telur Motif Marmer
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bersihkan Bekas Telur Gosong Pada Wajan