Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Selama Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan momen yang pasti dialami dan tak bisa dihindari dari perempuan. Saat menstruasi, ada banyak hal yang juga dirasakan perempuan mulai dari perubahan suasana hati, merasakan sakit perut atau kram, badan terasa pegal-pegal dan masih banyak lagi.

Menstruasi sendiri merupakan keluarnya darah dari miss V yang terjadi karena siklus bulanan akibat tidak adanya proses pembuahan di rahim. Ketika menstruasi, perempuan umumnya akan lebih sensitif mengingat terjadinya perubahan hormon estrogen pada perempuan.

Melansir dari laman hellosehat.com, selama menstruasi sebaiknya ada beberapa aktivitas atau hal yang perlu dihindari agar suasana hati dan rasa sakit akibat menstruasi tidak mengganggu aktivitas. Apa saja hal tersebut?

Hal yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Waxing dan Cabut Bulu

Perubahan hormon selama menstruasi membuat tubuh lebih sensitif dan mudah sakit. Waxing, cabut bulu atau sejenisnya bisa terasa lebih sakit selama menstruasi. Sebaiknya tidak melakukan hal ini saat menstruasi.

Berdiam Diri

Beberapa orang akan merasakan kram perut saat menstruasi atau sebelumnya. Karena kram ini, seseorang mungkin akan lebih memilih berdiam diri atau tidur di kamar. Asal kita tahu Sahabat Fimela, berdiam diri justru akan membuat rasa sakit atau kram semakin parah. Sebaiknya, saat menstruasi berlangsung hindari berdiam diri dan perbanyak beraktivitas atau olahraga.

Minum Susu atau Produk Olahannya

Susu adalah minuman kaya manfaat buat kesehatan. Susu juga menjadi minuman yang menguatkan otot dan tulang. Tapi, sebaiknya tidak mengonsumsi susu selama menstruasi. Konsumsi susu selama menstruasi dikhawatirkan bisa menyebabkan perut kembung dan perasaan tak nyaman. Lemak pada susu mengandung asam arakidonat yang memproduksi prostagladin, ini justru bisa menyebabkan perut kram.

Melakukan Hubungan Intim

Selama menstruasi sebaiknya Sahabat Fimela menghindari aktivitas berhubungan intim. Berhubungan intim selama menstruasi terlebih tanpa menggunakan kondom akan memudahkan penularan penyakit, infeksi dan virus pada pasangan.

Konsumsi Makanan Tinggi Garam

Sama seperti susu, makanan yang tinggi garam juga menyebabkan perut kembung. Selain garam, Sahabat Fimela juga penting menghindari makanan dan minuman mengandung kafein, soda dan alkohol.

Itulah beberapa hal yang perlu dihindari selama menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Lokasi di Jakarta akan Padamkan Lampu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021