Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mengurangi Rasa Asin Berlebih Pada Ikan Asin

Fimela.com, Jakarta Ikan asin menjadi salah satu bahan makanan yang mudah sekali kita jumpai di sekitar kita. Ikan asin merupakan ikan yang telah melalui proses penggaraman kemudian dijemur hingga kering. Penggaraman pada ikan asin bertujuan agar ikan awet dan tidak cepat busuk.

Meski ikan asin lebih awet dan tahan lama, ikan asin memiliki rasa yang sangat asin. Beberapa orang mungkin akan sangat suka dengan ikan asin. Tapi, tidak sedikit orang yang tak tahan dengan rasa asin ikan.

Untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan Sahabat Fimela. Berikut caranya.

Cara Mengurangi Asin Pada Ikan Asin

Rendam dengan Air Hangat

Cara pertama untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin adalah rendam ikan asin di air hangat. Rendam ikan asin di air hangat kira-kira selama 5 sampai 10 menit kemudian cuci hingga bersih. Cara ini bisa mengurangi rasa asin pada ikan asin. Namun ingat, ikan asin yang direndam air hangat teksturnya akan cenderung lebih empuk bahkan lembek.

Rendam dengan Air Garam

Larutkan 1 sdm garam ke dalam 2 liter air. Gunakan air larutan garam ini untuk merendam ikan asin. Ini bisa mengurangi rasa asin pada ikan asin berkurang karena garam dari konsentrasi tinggi (ikan asin) mengalir ke konsentrasi rendah (air garam).

Rendam Bersama Tisu Dapur

Tisu dapur juga bisa bermanfaat mengurangi asin pada ikan asin. Rendam ikan asin di mangkok yang bagian dasarnya dilapisi tisu dapur. Rendam kira-kira selama 5 - 10 menit agar asin pada ikan asin berkurang dengan lebih baik.

Rendam dan Cuci Ikan Asin

Rendam dan cuci hingga bersih ikan asin. Rendam dan mencuci ikan asin dengan air akan membantu mengurangi asin pada ikan asin. Cuci ikan asin di bawah air mengalir.

Itulah beberapa cara mudah mengurangi asin pada ikan asin. Tips dapur yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan mari berkreasi dengan ikan asin.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Memasak Mie Agar Tidak Lengket dan Menggumpal
Artikel Selanjutnya
Mengenali Tanda Saus Tomat dan Sambal yang Berbahaya