Sukses

Lifestyle

4 Cara Elegan Menghadapi Terpaan Gosip di Tempat Kerja

ringkasan

  • Tingkatkan Performa Kerja
  • Ajak Bicara si Penyebar Gosip
  • Sampaikan Bahwa Kita Juga Tahu Soal Gosip Itu

Fimela.com, Jakarta Lingkungan kerja sangat memengaruhi produktivitas dan kenyamanan kita dalam bekerja. Bila rekan-rekan kerja kita saling mendukung dan memotivasi, kita pun bisa merasa nyaman. Tapi kalau teman-teman kerja kita malah menjadi tukang gosip dan menyudutkan kita, hm... pastinya kita tak lagi merasa nyaman atau aman di tempat kerja.

Bila rumor atau gosip yang disebarkan tentang kita sama sekali tidak benar, maka kita perlu mempertebal mental dan kekuatan dalam diri kita. Ada berbagai cara dan tips yang bisa dicoba untuk menghadapi terpaan gosip di tempat kerja.

1. Tingkatkan Performa Kerja

Jangan menunjukkan sisi lemahmu. Justru di tengah terpaan gosip dan rumor yang nggak jelas, kita perlu tampak lebih kuat dan bersinar. Tingkatkan performa kerja. Lakukan hal-hal yang lebih luar biasa. Dengan performa kerjamu yang lebih bersinar, berbagai macam gosip dan rumor negatif nantinya akan luntur sendiri.

2. Ajak Bicara si Penyebar Gosip

Cari tahu si penyebar gosip. Coba ajak dia bicara. Seringkali seorang penyebar gosip itu tak ubahnya orang yang suka cari perhatian. Perjelas situasinya padanya. Utarakan padanya bila kita merasa tak nyaman dengan gosip dan rumor yang beredar. Di sini memang kita perlu mengumpulkan keberanian. Tetaplah berusaha tenang dan berkepala dingin saat berada di situasi ini.

 

 

3. Sampaikan Bahwa Kita Juga Tahu Soal Gosip Itu

"Aku dengar ada yang menyebar rumor aku menjilat atasan untuk mendapat promosi ini. Ah, lucu sekali ya," kita bisa mengungkapkan pernyataan yang menunjukkan bahwa kita tidak tuli dengan gosip atau rumor yang beredar. Saatnya untuk berpikir lebih cerdas daripada si penyebar gosip atau rumor tersebut. Dengan cara tersebut, kita memperlihatkan sisi kita yang tetap percaya diri dan tangguh di tengah beredarnya gosip.

4. Hadirkan Fakta untuk Menghapus Kebohongan Gosip dan Rumor Itu

Bila kita tak ingin masalah jadi berlarut-larut, maka penting untuk menghapus rumor dan gosip yang ada dengan fakta-fakta. Saatnya membungkam mulut yang menyebarkan kebohongan dengan kebenaran yang ada. Tetaplah fokus bekerja dan lakukan yang terbaik untuk menjaga nama baik kita agar tidak rusak.

Tegakkan kepala dan tetap semangat tingkatkan performa kerjamu, ya. Selama kita masih punya kemampuan terbaik untuk ditunjukkan dan niat baik untuk dijaga dalam bekerja, kita tetap perlu berjuang sebaik-baiknya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hasil Sebuah Studi: Perempuan Lebih Bahagia di Kantor daripada di Rumah
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Perlunya Mengambil Risiko dalam Berkarier