Sukses

Lifestyle

5 Hal Penting yang Perlu Dipahami sebelum Merintis Bisnis Sendiri

ringkasan

  • Setiap Jenis Bisnis Punya Strategi Berbeda
  • Miliki Modal yang Bisa Membantumu Mencapai Break-Even Point
  • Penting Memiliki Strategi Awal Memulainya

Fimela.com, Jakarta Menjadi bos untuk diri sendiri. Memiliki bisnis atau usaha yang dijalankan sendiri. Wah, rasanya menyenangkan ya bila memiliki sesuatu dan menjalankannya bisa sesuai dengan keinginan kita. Tapi untuk bisa merintis sebuah bisnis, kita perlu membekali diri dengan pemahaman yang tepat terkait dunia tersebut.

Bagi yang sedang berusaha untuk membangun atau merintis usaha sendiri, pastikan sudah memahami beberapa hal mendasar ini. Setidaknya dengan memahami hal-hal ini kita bisa lebih siap menghadapi tantangan atau masalah yang mungkin akan muncul dalam perjalanannya.

1. Setiap Jenis Bisnis Punya Strategi Berbeda

Mau menjual produk atau jasa? Bidang bisnis apa yang bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dipunya? Kita perlu memahami bahwa setiap jenis bisnis punya strategi sendiri. Kita perlu benar-benar memahami bidang bisnis tersebut. Kalau perlu cari mentor dan bekali diri dengan ilmu serta wawasan yang benar-benar cukup untuk bisa membuat kita benar-benar siap berbisnis.

2. Miliki Modal yang Bisa Membantumu Mencapai Break-Even Point

Break-even point adalah sebuah titik dimana biaya atau pengeluaran dan pendapatan adalah seimbang sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan. Perencanaan keuangan juga perlu dibuat dari awal kita merintis bisnis. Bila tak ingin bisnis kita nanti berhenti di tengah jalan begitu saja, maka perlu juga kita membuat strategi yang matang terkait keuangan.

 

3. Penting Memiliki Strategi Awal Memulainya

Jika bisnismu membutuhkan tempat, apakah sudah menemukan tempat yang tepat? Atau kalau ingin berbasis online, apakah kita sudah membuat perencanaan yang jelas? Pastikan kita tahu titik awal kita memulai. Saat sudah mantap menetapkannya, maka ke depannya kita akan lebih mudah menjalankannya.

4. Perlu Keberanian Mengambil Risiko

Memulai bisnis akan melibatkan banyak risiko. Siapkan mental untuk mengambil risiko. Tapi bukan sembarang mengambil risiko, melainkan mampu juga menghadapi konsekuensi dan mengatasi masalah-masalah yang mungkin akan menyertainya. Selalu buat pertimbangan pro dan kontra dari setiap risiko yang diambil.

5. Kesiapan Mental Menghadapi Kerugian atau Kegagalan

Nah, ini juga perlu persiapan sendiri. Bagi yang baru pertama kali merintis sebuah usaha atau bisnis pastikan sudah menyiapkan kekuatan mental sendiri bila sewaktu-waktu menghadapi kerugian atau kegagalan. Jika perlu, buat juga rencana cadangan ketika dihadapkan pada hal yang terjadi di luar rencana kita.

Apapun bisnis atau usaha yang akan kita rintis dan bangun, semoga dimudahkan prosesnya ya. Buat perencanan dan target yang matang, terus berusaha melakukan yang terbaik di setiap langkah. Semoga kesuksesan bisa segera ada dalam genggaman tangan kita.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hadir di Indonesia, Tas Kekiniaan Asal Korea dengan Penawaran Menarik
Artikel Selanjutnya
Aroma Khas Indonesia Makin Eksis dengan Diffuser Lokal