Sukses

Lifestyle

Haus Hingga Stres, Ini 10 Alasan Dirimu Terbangun di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tidur di malam hari merupakan aktivitas istirahat yang akan membantu setiap orang memiliki tubuh bugar kembali di pagi hari. Sayangnya, saat tidur tidak sedikit orang yang kualitas tidurnya terganggu. Tidak sedikit orang yang kerap terbangun di malam hari dan kesulitan untuk kembali tidur.

Terbangun di tengah malam saat tidur adalah hal yang cukup mengesalkan. Apalagi jita sedang merasa benar-benar lelah dan butuh waktu istirahat cukup.

Melansir dari laman prevention.com, ada beberapa alasan kenapa seseorang sering terbangun di malam hari. Alasan tersebut mulai dari merasa haus hingga perasaan stres atau depresi berat. Berikut beberapa alasan kenapa dirimu sering terbangun di tengah malam.

Alasan Dirimu Terbangun Saat Tidur

Ingin Buang Air Kecil atau Besar

Alasan pertama adalah ingin buang air kecil atau air besar. Dirimu yang buang air kencing di malam hari menandakan dirimu rajin minum air. Namun, jika frekuensi ingin buang air kecil atau besar lebih dari 3 kali dalam semalam, segera periksakan kondisi kesehatanmu.

Batuk

Batuk dan tenggorokan gatal bisa membuat seseorang terbangun saat malam. Batuk merupakan momen yang cukup mengganggu tidur seseorang

Haus

Haus juga seringkali membuat seseorang terbangun di malam hari. Biasanya rasa haus juga disertai dengan tenggorokan yang terasa kering dan ingin batuk.

Kehabisan Nafas

Alasan dirimu terbangun di malam hari selanjutnya adalah kehabisan nafas. Kehabisan nafas dikenal juga sebagai nocturnal asthma. Bantal, kasur dan guling berdebu, penggunaan C dan kipas angin bisa meningkatkan risiko susah nafas atau kehabisan nafas selama tidur.

Pusing

Pusing juga bisa menyebabkan seseorang terbangun saat malam. Pusing bisa terjadi karena risiko penyakit tertentu atau karena pengaruh debu dan vertigo. Tidur dalam waktu yang terlalu lama juga meningkatkan risiko pusing saat terbangun.

Merasa Panas atau Gerah

Alasan dirimu terbangun berikutnya adalah dirimu merasa panas dan gerah selama tidur. Panas dan gerah ini bisa karena kamar tidur pengap, tidak ada ventilasi udara baik hingga lampu kamar tidur menyala sepanjang malam.

Lapar

Perut yang lapar seringkali membangunkan seseorang dari tidurnya. Agar tidak terbangun saat tidur, usahakan jika sebelum tidur dirimu telah makan. Tapi ingat, usahakan agar makan secukupnya. Makan yang terlalu kenyang juga bisa membuat kita rentan terbangun di malam hari.

Alat Elektronik di Kamar Tidur Menyala

Adanya alat elektronik di kamar tidur yang tetap menyala selama kita tidur juga mendorong kita terbangun di malam hari. Radiasi dari alat elektronik bisa memengaruhi kualitas tidur setiap orang.

Belum Gosok Gigi

Gigi dan mulut yang tidak bersih juga meningkatkan risiko kita terbangun saat malam. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk gosok dulu sebelum tidur. Jangan lupa untuk kumur-kumur hingga bersih agar saat bangun tidur gigi dan mulut tetap terasa segar.

Stres atau Depresi

Stres atau depresi membuat seseorang rentan terbangun saat malam. Perasaan stres ini bahkan bisa membuat seseorang merasa takut, khawatir dan sedih berlebihan.

Itulah beberapa alasan kenapa dirimu sering terbangun saat malam. Agar tidurmu nyenyak dan berkualitas, miliki tempat tidur yang nyaman, suasana kamar yang tenang dan hindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Mengatasi Menstruasi yang Tidak Lancar
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Dada Ayam Bumbu Kecap Pedas Manis