Sukses

Lifestyle

4 Kelebihan Istimewa yang Dimiliki Seorang Perfeksionis

ringkasan

  • Bisa Bekerja dengan Lebih Efisien
  • Sangat Teliti dan Memperhatikan Hal-Hal Kecil
  • Tidak Mudah Berhenti di Tengah Jalan

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah perfeksionisme? Perfeksionisme, seperti yang dikutip dari Kateglo adalah watak atau sifat seseorang yang menganggap sesuatu yang tidak sempurna sebagai hal yang tidak dapat diterima. Orang yang memiliki watak tersebut disebut perfeksionis.

Orang yang perfeksionis punya kecenderungan ingin segalanya serba sempurna. Di antara kita pasti ada yang punya kecenderungan memiliki watak sebagai seorang perfeksionis. Meski kadang dikucilkan atau dijauhi karena sifat kita yang terlalu keras atau kaku menuntut kesempurnaan, ada beberapa kelebihan istimewa yang sebenarnya kita miliki.

1. Bisa Bekerja dengan Lebih Efisien

Dikutip dari webdesignerdepot.com, sebagian besar perfeksionis adalah orang yang amat sangat teratur. Seorang perfeksionis umumnya memiliki cara tersendiri, pola, dan kebiasaan dalam melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya. Hal ini pun membuat seorang perfeksionis bisa bekerja dengan lebih efisien. Karena menuntut segalanya sempurna sesuai dengan keinginannya, maka ia akan melakukan yang terbaik untuk mencapai kesempurnaan tersebut.

2. Sangat Teliti dan Memperhatikan Hal-Hal Kecil

Walau kadang menurut orang lain dianggap menyiksa diri, tapi bagi seorang perfeksionis hal-hal kecil sama pentingnya dengan hal-hal besar. Dalam melakukan sesuatu sangat teliti. Sangat memperhatikan hal-hal kecil. Demi memastikan segalanya memenuhi standar pribadinya, kita rela bersusah payah memperhatikan hal-hal yang kecil dan rumit. Memastikan tidak ada yang terlewat sedikit pun.

 

3. Tidak Mudah Berhenti di Tengah Jalan

Seorang perfeksionis umumnya ingin hasil yang benar-benar sempurna. Ketika sudah menetapkan sebuah target, maka ia akan melakukan apapun sekuat tenaga untuk mencapainya. Tak mudah menyerah. Tak gampang berhenti di tengah jalan. Rela meluangkan waktu lebih banyak untuk memperbaiki kesalahan demi tercapainya tujuan yang diinginkan.

4. Bersemangat Mempelajari Hal-Hal Baru

Tak segan atau ragu untuk mempelajari hal-hal baru. Ketika sudah berketetapan meraih sesuatu, apapun akan dilakukan sebaik untuk mencapainya. Mempelajari hal-hal baru akan dilakukan bila itu bisa membuatnya mencapai keinginannya. Tak ada kata menyerah. Selama merasa sanggup melakukan yang terbaik, maka semua usaha akan dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Kita pastinya memiliki kelebihan sendiri atas karakter dan kepribadian yang kita punya. Walau ada orang-orang yang tak menyukai kita karena sikap kita yang perfeksionis, kita tetap bisa menjadi pribadi yang unggul dengan kelebihan tersebut.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Usah Buru-Buru Mencari Pasangan, Tuhan Tahu yang Kita Butuhkan
Artikel Selanjutnya
Pesan Ojek Online Makin Mudah di Stasiun MRT