Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Persahabatan Kuat Lebih Penting dari Cinta Romantis

ringkasan

  • Memiliki sahabat dan teman baik di sekitar kita akan membuat hidup kita terasa lebih nyaman
  • Dukungan dari sahabat adalah hal yang terpenting
  • Persabahatan yang memiliki ikatan kuat menurut para ahli tak akan mudah putus

Fimela.com, Jakarta Memiliki sahabat yang begitu baik dan setia adalah kebahagiaan tersendiri buat setiap orang. Juga, memiliki pasangan yang manis dan romantis juga menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, jika harus disuruh memilih antara sahabat dan cinta, mana yang lebih penting?

Melansir dari laman prevention.com, persahabatan lebih penting dari cinta. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Michigan State University, Amerika Serikat bahkan menyebutkan jika persahabatan lebih penting dan mengesankan dari keluarga.

Tali persahabatan yang kuat membuat hidup terasa semakin bermakna. Sahabat yang tulus dan setia akan selalu ada saat kita bahagia pun kecewa. Sahabat yang benar-benar tulus tak akan meninggalkan kita meski kita sedang terpuruk sekalipun.

Persabahatan Penting Bagi Kebahagiaan dan Kesehatan

Seorang peneliti sekaligus asisten profesor psikologi bernama William Chopik di AS mengungkapkan jika persahabatan sangat penting seiring bertambahnya usia seseorang. Memiliki sahabat dan teman baik di sekitar kita akan membuat hidup kita terasa lebih nyaman, tenang dan sejahtera. Sebenarnya pasangan yang romantis juga mampu memberikan kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Hanya saja, rasanya tentu akan berbeda dengan kebahagiaan yang diberikan sahabat dan teman.

Penelitian yang dilakukan pada sedikitnya 271.053 partisipan di hampir 100 negara di dunia menemukan jika dukungan dari sahabat dan teman adalah yang terpenting dalam hidup seseorang. Pada orang-orang yang telah berusia lanjut, persahabatan dan pertemanan memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaannya.

Persabahatan yang memiliki ikatan kuat menurut para ahli tak akan mudah putus. Sedangkan cinta romantis, masalah yang sepele saja bisa dengan mudah menghancurkannya. Para ahli mengungkapkan jika pasangan romantis yang sekaligus bisa menjadi sahabat terbaik adalah hal paling mengesankan dalam hidup. Seseorang akan sangat beruntung ketika ia bisa menjadi pasangan sekaligus sahabat bagi orang yang dicintainya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Studi, Punya Sahabat Sejati Baik untuk Kesehatan Mental
Artikel Selanjutnya
Mengenalkan Pasangan ke Sahabat, Apakah Diperlukan?