Sukses

Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga Yoga?

Fimela.com, Jakarta Olahraga yoga baik untuk kesehatan tubuh dan mental kita. Untuk mendapatkan manfaat optimalnya, kita perlu melakukan yoga pada waktu yang tepat. Seperti apa waktu yang tepat dalam melakukan olahraga yoga ini?

Tak ada waktu yang paling benar atau salah dalam melakukan olahraga yoga. Karena masing-masing orang punya gaya hidup berbeda, maka waktu untuk melakukan olahraga yoga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Baik pagi hari maupun malam hari, kedua waktu tersebut bisa jadi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga yoga dengan kelebihannya masing-masing.

Melakukan Olahraga Yoga pada Pagi Hari

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, melakukan yoga pada pagi hari bisa bantu meredakan nyeri otot dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, metabolisme tubuh bisa lebih lancar karena kadar gula lebih stabil dan pencernaan lebih baik. Melakukan yoga pada pagi hari dapat meredakan stres sehingga akan sangat membantu kita menjalani hari dengan lebih semangat.

Hanya saja yang perlu diperhatikan dari melakukan yoga pada pagi hari adalah sendi dan otot tubuh kita masih akan terasa kaku. Fleksibilitas tubuh pun mungkin akan terbatas. Sehingga peregangan dan pemanasan harus dilakukan dengan baik sebelum mulai melakukan gerakan yoga. 

Melakukan Olahraga Yoga pada Malam Hari

Kelebihan melakukan yoga pada malam hari adalah tubuh sudah lebih rileks. Kebanyakan orang lebih energik pada malam hari daripada pagi hari. Melakukan olahraga yoga pada malam hari juga bisa mengoptimalkan proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi sepanjang hari. Selain itu, kita bisa mendapatkant tidur yang lebih nyenyak setelah melakukan yoga pada malam hari.

Jika kita melakukan olahraga yoga pada malam hari, sebaiknya tidak terlalu intens atau berat. Intensitas yang terlalu tinggi malah akan menyulitkan kita tidur malam. Fokuskan pada latihan pernapasan dan membuat tubuh lebih rileks.

Kita bisa memilih sendiri waktu yang paling tepat untuk yoga. Cuma tidak disarankan melakukan yoga tepat setelah baru selesai makan. Setidaknya beri jeda minimal 2 jam setelah makan bila ingin melakukan olahraga yoga. Fokuskan konsentrasi di tempat yang paling nyaman untuk melakukan yoga demi mendapatkan manfaat terbaiknya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan Yoga 30 Menit, Cara Terbaik Mencegah Osteoporosis
Artikel Selanjutnya
Perut Kekenyangan, Lakukan Olahraga Ini untuk Melancarkan Pencernaan