Sukses

Lifestyle

Matahari di Atas Ka'bah, Begini Cara Memperbaiki Arah Kiblat

ringkasan

  • Mengecek dan memperbaiki arah kiblat bisa dilakukan hari ini
  • Cek arah kiblat sebelum matahari terbenam
  • Pengecekan hanya bisa dilakukan di Indonesia Bagian Barat dan Tengah

Fimela.com, Jakarta Pada tanggal 15 dan 16 Juli 2019 tepatnya hari ini dan besok, menurut info dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosfika (BMKG), matahari akan berada tepat di atas ka'bah. Fenomena alam ini sendiri akan terjadi pada pukul 16.26 WIB atau 17.26 WITA.

Saat matahari berada di atas ka'bah, bayangan benda apa saja akan beridri tegak lurus mengarah tepat ke ka'bah atau arah kiblat. Bayangan inilah yang kemudian bisa dijadikan sebagai patokan arah kiblat yang benar dan tepat.

Untuk memperbaiki arah kiblat cukup mudah Sahabat Fimela. Melansir dari laman instagram @infobkmg, ada cara sederhana untuk mengecek dan mempebaiki arah kiblat di daerah kita masing-masing. Simak caranya di bawah ini ya.

Cara Mengecek dan Memperbaiki Arah Kiblat

  1. Tancapkan atau pasangkan batang lurus (contohnya penggaris kayu oanjang) secara tegak lurus pada tanah atau lantai sebelum matahari tepat berada di atas Ka'bah pada pukul 16.26 WIB.
  2. Pastikan batang atau benda apapun terkena sinar matahari dan menghasilkan bayangan.
  3. Tandai bayangan yang dihasilkan oleh batang atau benda lurus.
  4. Arah kiblat yang baru dan tepat mengarah dari ujung bayangan menuju batang yang disediakan.

Itulah cara mengecek dan memperbaiki arah kiblat. Momen seperti ini akan terjadi di setiap tahunnya tepatnya pada tanggal 27 - 28 Mei dan 15 - 16 Juli. Momen ini saat ini juga hanya bisa diamati di Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Tengah. Pastikan untuk mengecek arah kiblat sebelum matahari terbenam karena jika matahari telah terbenam, bayangan yang menunjuk arah kiblat tak akan terlihat.

Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading