Sukses

Lifestyle

5 Tips Aman Saat Gempa Bumi di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Bahkan jika di daerahmu tidak rawan bencana alam, jangan pernah mengabaikan gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Bahaya yang mungkin dialami oleh para pekerja ketika gempa bumi terjadi adalah tertimpa komponen struktural bangunan, perabotan, atau barang yang disimpan dengan cara yang salah. Atau bisa saja terbakar oleh api akibat kebocoran gas atau aliran pendek listrik, dan terkena bahan kimia yang berbahaya.

Dilansir dari safetyandhealthmagazine.com, kamu bisa mengurangi berbagai risiko di atas jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi di tempat kerja dengan beberapa langkah di bawah ini;

 

5 Tips menghadapi gempa bumi saat di tempat kerja

1. Pastikan bangunan tersebut memiliki tempat aman yang bisa didatangi ketika terjadi bencana alam, seperti gempa bumi. Misalnya di bawah meja yang kokoh atau dinding bagian dalam yang jauh dari jendela.

2. Menjaga agar jarak yang harus ditempuh seseorang untuk berlindung saat gempa bumi terjadi, sesingkat mungkin. Statistik menunjukkan bahwa seseorang yang bergerak setidaknya 10 langkah saat terjadi gempa bumi, kemungkinan besar akan terluka.

3. Berpartisipasi dalam latihan kesiapsiagaan bencana alam. Setiap tempat kerja, terutama jika kamu bekerja di sebuah bangunan yang tinggi, berlantai tinggi, cenderung akan mengadakan latihan kesiapsiagaan bagi para pegawai yang setiap hari datang ke tempat tersebut.

4. Jika memungkinkan, secara teratur latihlah "Jatuhkan, Tutupi, dan Tahan" di area-area yang aman di tempat kerja. Instruksinya berlutut dan jatuhkan diri, lindungi kepala, dan menunggu hingga guncangan berhenti. 

5. Membahas tentang berbagai topik umum terkait bencana alam, seperti cara memberikan pertolongan pertama dan cara memadamkan api.

Jika terjadi gempa bumi, kamu sebaiknya tetap berada di tempat yang aman sampai guncangan berhenti dan berhati-hatilah terhadap gempa susulan. Kamu juga harus mengantisipasi terjadi kebakaran, gunakan tangga, bukan lift, dan tetaplah berada di luar bangunan jika kamu sedang berada di luar ruangan saat gempa bumi terjadi, berjongkok, dan tutupi kepala.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading