Sukses

Lifestyle

Perbedaan Besar Gaji Pasangan Bisa Sebabkan Cerai, Menurut Penelitian!

ringkasan

  • Orang akan cenderung selingkuh ketika pasangannya lebih baik darinya secara finansial
  • Pentingnya pasangan menikah yang merasa equal

Fimela.com, Jakarta Pasti bukan hal mengejutkan jika masalah keuangan adalah hal sensitif di dalam pernikahan. Sudah semestinya pasangan yang ingin menikah membicarakan hal ini secara jelas agar tak ada masalah di kemudian hari setelah menikah. Namun terkadang masih ada saja batu sandungan terkait hal ini, salah satunya adalah perbedaan besar gaji antara suami dan istri.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan American Sociological Association menemukan bahwa orang-orang akan cenderung selingkuh ketika pasangannya lebih baik darinya secara finansial.

Gaji Tak Sepadan dengan Pasangan, Sebabkan Perceraian

Penulis penelitian, Christin L. Munsch, mengatakan bahwa setiap orang sebenarnya tak ingin merasa bergantung pada orang lain, tidak terkecuali pada pasangannya sendiri. Penelitian menunjukkan betapa pentingnya pasangan menikah yang merasa equal, merasa dirinya sama atau setara dengan pasangannya.

Dan hal ini terjadi terutama pada pria. Sudah bisa ditebak, ketika gaji istri lebih besar dan lebih stabil dari suami, suami pasti akan merasa minder dan terlukai harga dirinya. Ia merasa tak mampu menghidupi rumah tangganya dengan semestinya.

Inilah yang kemudian memicu pertengkaran dan ketidakpuasan dalam pernikahan. Perempuan juga cenderung mudah meremehkan pasangannya ketika mengalami situasi seperti ini.

Oleh karena itu, penting sekali menyamakan pikiran dan sebisa mungkin mencari pendamping hidup yang memang setara secara status sosial jika ingin memiliki pernikahan bahagia, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Intip Cara Perempuan Bangkit Mengelola Keuangan Setelah Terpuruk
Artikel Selanjutnya
MoneySmart Parent, Panduan Orangtua Baru dalam Merencanakan Keuangan