Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Tidak Tertular Stres dari Orang Terdekat Kita

ringkasan

  • Fokus pada Pernapasanmu
  • Menjaga Jarak dari si Sumber Stres
  • Melakukan Kegiatan Lain

Fimela.com, Jakarta Tahukah bahwa stres juga bisa menular? Seperti menguap, stres juga bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. Saat ada orang terdekat kita mengalami stres, kita pun bisa ikut tertular stres.

Kita manusia memiliki kemampuan untuk membaca suasana hati dan perilaku orang-orang di sekitar kita. Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, ada sebuah penelitian menarik yang dilakukan oleh University of British Columbia terkait hal tersebut. Dalam penelitian itu, di ruang-ruang kelas di mana gurunya mengeluh soal rasa stres dan kelebihan beban bekerja, ditemukan bahwa kadar hormon stres (kortisol) pada murid-muridnya meningkat. Meski masih belum dipastikan apakah suasana hati guru memengaruhi murid-muridnya atau sebaliknya, tapi diketahui bahwa stres memang menular.

Dalam keseharian pun mungkin kita pernah mengalaminya sendiri. Kita cenderung menghindari orang-orang yang sedang stres atau terlalu banyak mengeluh. Lagipula memang sangat tidak nyaman berdekatan dengan orang-orang seperti itu. Agar tidak gampang tertular stres, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan berikut ini.

 

 

1. Fokus pada Pernapasanmu

Saat kita berada di dekat orang yang membuat kita tertekan, jantung akan berdetak lebih cepat dan napas mungkin akan terasa sesak. Untuk itu penting bagi kita untuk melatih pernapasan kita untuk bisa tetap teratur. Tidak gampang panik dan bisa tetap tenang agar tidak ikut-ikutan stres seperti orang yang ada di dekat kita.

2. Menjaga Jarak dari si Sumber Stres

Bisa juga kita mencoba untuk menjaga jarak dari si sumber stres. Saat kita merasa makin tak nyaman berada di dekat orang yang tampak sedang tertekan dan suasana hatinya buruk, bisa saja kita mencoba untuk sedikit menjauh. Terlebih bila kita baru saja mengalami hari yang juga berat, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental kita tetap stabil dan terjaga dengan baik.

3. Melakukan Kegiatan Lain

Fokuskan diri pada kegiatan lain yang lebih positif. Agar pikiran kita tidak terdominasi hal-hal negatif, maka kita perlu mengisinya dengan hal-hal yang lebih positif. Daripada ikut-ikutan stres karena hal yang membuat orang lain tertekan, mending kita sibukkan diri dengan sesuatu yang lebih bermanfaat supaya lebih nyaman.

4. Mencari Udara Segar

Bila memungkinkan, kita bisa juga mengajak orang terdekat kita yang tampak tertekan itu untuk melepaskan stresnya. Cari udara segar. Bila sudah terlalu lama beraktivitas di dalam ruangan dan pikiran suntuk, coba untuk keluar ruangan dan melakukan hal baru. Bahkan sekadar menghirup udara segar yang masih bersih pun bisa jadi cara mudah untuk melepas stres.

Mengelola stres memang gampang-gampang susah. Semoga kita bisa selalu menemukan cari terbaik untuk menjaga keseimbangan hidup supaya tidak gampang tertular racun stres dari orang lain, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Terlalu Fokus pada Hal Negatif, Ini yang Terjadi pada Pikiranmu
Artikel Selanjutnya
Perempuan Butuh Teman Curhat untuk Redakan Stres, Kenapa?