Sukses

Lifestyle

Penting! Vaksin Bantu Pencegahan Penularan Penyakit Beserta Efek Sampingnya

Fimela.com, Jakarta Pemberian vaksin sangat penting bagi kekebalan tubuh. Dengan vaksin, tubuh mendapatkan rangsangan munculnya antibodi. Biasanya, vaksin bisa diberikan dalam bentuk suntikan, oral, atau aerosol (zat yang dihirup)

Vaksin merupakan suatu jenis produk yang digunakan untuk dapat menghasilkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal dari berbagai jenis penyakit. Vaksin sendiri bisa berisi produk biologi dan bagian dari virus atau bakter, maupun virus atau bakteri hidup yang sudah dilemahkan.

Pemerintah pun menganjurkan bahwa seseorang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sejak dini. Mengapa vaksin menjadi begitu penting? Berikut segudang manfaat vaksin bagi tubuh.

1. Mencegah penularan penyakit

Bukan hanya sekadar melindungi tubuh dari serangan penyakit, pemberian vaksin bisa membantu mencegah penyakit. Seperti penyakit campak dan batuk rejan.

2. Melindungi dari risiko kematian dan cacat

Kematian bayi karena campak dan batuk rejan sempat meningkat beberapa tahun lalu. Dengan dilakukannya pemberian vaksin, menurunkan risiko tersebut dan risiko mengalami cacat. Seperti halnya pemberian vaksin campak dan rubella yang dapat membantu menurunkan risiko penularan virus dari ibu hamil kepada janin.

 

Efek samping yang mungkin timbul

3. Menghemat waktu dan biaya

Beberapa orang masih menyepelekan khasiat dari vaksin. Padahal pemberian vaksin sejak ini menjadi salah satu investasi kesehatan yang paling murah. Terbukti dengan pemberian vaksin bisa membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang berkepanjangan. Selain biaya, tentu vaksin bisa menghemat waktu. Karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu di rumah sakit untuk proses penyembuhan.

Pemberian vaksin anak-anak bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi mereka. Ini bisa menjadi bagian dari efek samping yang menimbulkan rasa nyeri atau ruam pada kulit di area yang disuntik.

Selain itu, reaksi setelah vaksin yang beragam kemungkinan bisa terjadi. Seperti terjadi demam tingi, bengkak, dan kemerahan. Umumnya, efek samping ini akan hilang dalam 3-4 jam. Walau terkadang bisa berlangsung lebih lama.

Jika hal ini terjadi, terdapat beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan. Seperti memberikan penurun demam setiap empat jam, kompres air hangat, menggunakan pakaian yang tipis dan jangan diselimuti. Bila tidak kunjung sembuh, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Cara Wenny Vanilla untuk Mencintai dan Menjauhkan Diri dari Body Shaming
Artikel Selanjutnya
Forma Facial: Perawatan Wajah Non-Operasi yang Menjadi Favorit Selebriti