Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Camilan Enak dengan Bahan Dasar Aci

ringkasan

  • Cireng adalah aci digoreng.
  • Cilok adalah aci dicolok.
  • Cilor adalah aci telor.

Fimela.com, Jakarta Camilan dengan bahan dasar aci memang seringkali menggugah selera. Aci sendiri adalah sebutan tepung tapioka atau tepung kanji di Jawa Barat. Orang Jawa Barat sering menyebut tepung tapioka dengan sebutan aci.

Aci adalah tepung yang terbuat dari sari pati ketela pohon atau singkong. Ada aneka camilan dan makanan yang terbuat dari aci.

Penasaran apa saja makanan atau camilan yang berbahan dasar aci? Simak yang berikut ini ya Sahabat Fimela.

Cireng, Cimol dan Cilok

Cireng

Makanan pertama yang terbuat dari aci adalah cireng. Cireng adalah sebutan aci digoreng. Cireng memiliki cita rasa gurih yang khas. Biasanya, cireng disajikan dengan saus sambal atau saus tomat. Umumnya aci berbentuk bulat pipih. Seiring dengan berkembangnya zaman, cireng diolah dengan berbagai rasa.

Cimol

Inspirasi camilan dari aci selanjutnya ada cimol. Cimol adalah kepanjangan dari cilor digemol. Dalam pembuatan cimol, kita bisa menambahkan tepung terigu di dalamnya. Cimol memiliki cita rasa gurih dengan taburan bumbu bubuk di atasnya. Cimol berbentuk bulat dan dimasak dengan cara digoreng.

Cilok

Cilok adalah camilan dari aci yang bisa kita temukan dengan mudah di mana saja. Cilok adalah aci dicolok. Adonan aci yang telah dicampur dengan bumbu dibentuk bulat-bulat sebesar biji kelerang atau sesuai selera kemudian direbus dalam air mendidih hingga matang. Cilok biasanya disajikan bersama saus kcang, saus tomat atau saus sambal.

Cilor dan Cipuk

Cilor

Cilor adalah kepanjangan dari aci telor. Adonan aci yang telah jadi dibentuk bulat memanjang kemudian direbus hingga matang. Aci yang telah direbus kemudian dipotong-potong kemudian ditusuk dengan tusukan sate dan dicelup ke adonan telur. Selanjutnya cilor digoreng hingga matang.

Cipuk

Cipuk merupakan camilan khas Jawa Barat tepatnya Garut. Cipuk adalah aci kerupuk. Penyajian cipuk bisa disajikan mirip seblak atau disajikan dengan digoreng.

Itulah beberapa camilan populer dengan bahan dasar aci. Selain makanan di atas, makanan lain yang terbuat dari aci ada batagor dan siomay. Dari beberapa olahan aci di atas, mana nih kesukaanmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Membuat Tumis Cumi yang Empuk
Artikel Selanjutnya
4 Tanda Kehamilan yang Sehat, Sudah Tahu?