Sukses

Lifestyle

10 Makanan Khas Solo yang Siap Memanjakan Lidah

ringkasan

  • Makanan khas Solo yang paling populer pertama ada selat solo
  • Nasi liwet juga merupakan makanan khas Solo
  • Es gempol pleret

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Tak hanya beragam, kuliner khas Indonesia juga dikenal sebagai kuliner dengan cita rasa menggugah selera.

Hampir di semua daerah kita bisa menemukan aneka makanan khas daerah tersebut. Tak hanya satu atau dua, setiap daerah memiliki ragam makanan khas yang bermacam-macam. Salah satu daerah dengan kekayaan kuliner beragam adalah kota Solo, di Jawa Tengah.

Ada beragam makanan khas Solo yang siap memanjakan lidah siapa saja yang berkunjung ke sana. Selain rasanya yang super menggugah selera, harga makanan khas Solo terbilang sangat murah. Penasaran apa saja makanan khas Solo? Simak yang berikut ini.

Selat Solo hingga Timlo

Selat Solo

Makanan khas Solo yang paling populer pertama ada selat solo. Selat solo adalah makanan yang terbuat dari sayuran seperti wortel, kentang, buncis dan selada yang dicampur dengan daging mirip dengan sajian steak. Selat solo ternyata makanan yang dimodifikasi dari makanan Eropa.

Cabuk Rambak

Ini merupakan sajian ketupat yang dipotong-potong tipis kemudian disiram dengan bumbu saus wijen. Cabuk rambak memiliki cita rasa khas. Sayangnya, hidangan ini mulai sulit ditemukan di kota Solo.

Nasi Liwet

Nasi liwet juga merupakan makanan khas Solo. Nasi liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan cara direbus sehingga teksturnya cenderung lembek atau halus. Disajikan bersama lauk gurih pedas, nasi liwet siap memanjakan lidah siapa saja.

Brambang Asem

Sajian ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus kemudian disajikan bersama beberapa lauk. Seperti namanya, dalam sajian ini terkandung bumbu brambang (bawang merah) dan asam jawa yang cukup kuat sehingga menciptakan rasa yang unik.

Es Gempol Pleret

Ini merupakan sajian dengan cita rasa segar dan manis. Es gempol pleret selain memiliki cita rasa manis juga bararoma wangi karena adanya tambahkan daun pandan atau vanila di dalamnya.

Sate Buntel Hingga Bubur Tumpang

Sate Buntel

Sate buntel merupakan sate yang terbuat dari daging kambing cincang atau cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar. Sate buntel memiliki cita rasa yang khas, gurih dan begitu menggugah selera. Disajikan bersama bumbu kecap dan irisan bawang merah, siapa saja nampaknya tak bisa menolak kelezatan sate buntel.

Tengkleng

Makanan ini juga merupakan makanan khas Solo yang begitu menggugah selera. Tengkleng mirip dengan gulai namun terbuat dari daging yang masih menempel di tulangnya. Kuah tengkleng cenderung lebih cair namun cita rasanya begitu gurih.

Timlo

Saat berkunjung ke Solo sangat disarankan untuk mencicipi masakan satu ini. Timlo merupakan soto dengan kuah sup yang segar dan gurih. Dalam semangkok timlo terdapat mis soun, suwiran ayam, telur dadar, hati ayam, potongan sosis, irisan wortel dan bahan makanan lain.

Kupat Tahu

Makanan khas Solo selanjutnya ada kupat tahu. Kupat tahu terbuat dari ketupat, irisan tahu, kacang tanah goreng dan beberapa bahan lain yang kemudian disiram dengan saus kecap atau saus kacang yang lezat.

Bubur Tumpang

Bubur tumpang juga menjadi salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba. Makanan ini memiliki cita rasa gurih pedas yang menggugah selera. Buatmu yang mulai bosan dengan bubur ayam namun ingin merasakan makanan yang memiliki rasa nyaris sama, bubur tumpang bisa jadi alternatif pilihan.

Itulah beberapa makanan khas Solo yang enak menggugah selera dan siap memanjakan lidah siapa saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput