Sukses

Lifestyle

Awas, Ini 4 Kesalahan Mengonsumsi Pil KB yang Jarang Disadari

ringkasan

  • Tidak Konsumsi Pil KB di Waktu Sama
  • Konsumsi Pil KB Bersamaan dengan Konsumsi Obat Lain

Fimela.com, Jakarta Pil KB merupakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan yang paling umum digunakan perempuan. Selain menunda kehamilan, pil KB juga memiliki manfaat mengagumkan lainnya seperti mencegah risiko beberapa jenis kanker, meringankan nyeri haid dan membuat siklus haid lebih teratur.

Pil KB biasanya dikonsumsi setiap hari oleh perempuan. Namun, dalam konsumsi pil KB tidak sedikit perempuan yang melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan kinerja pil KB tidak berlangsung dengan baik. Kesalahan dalam konsumsi pil KB ini bahkan bisa mengakibatkan kehamilan yang tak diinginkan.

Melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam konsumsi pil KB. Beberapa kesalahan tersebut antara lain sebagai berikut.

Kesalahan dalam Mengonsumsi Pil KB

Lupa Minum Pil KB

Kesalahan yang paling sering adalah lupa minum pil KB. Lupa minum pil KB pada satu hari saja sudah bisa berakibat fatal dan memungkinkan dirimu mengalami kehamilan. Jika lupa minum pil KB saat malam dan teringat di pagi hari, segeralah minum pil KB dua buah sekaligus. Jika kelupaan ini terjadi selama dua atau tiga hari berturut-turut, ulangi aturan minum pil Kb dari awal selama tujuh hari berturut-turut.

Tidak Konsumsi Pil KB di Waktu Sama

Sebaiknya pil KB dikonsumsi di waktu sama setiap harinya. Meminum pil KB di waktu berbeda akan berpengaruh pada hormon tubuh. Ini juga meningkatkan risiko kehamilan. Mengonsumsi pil KB di waktu sama akan memaksimalkan kinerja pil.

Konsumsi Pil KB Bersamaan dengan Konsumsi Obat Lain

Kesalahan yang sering terjadi selanjutnya adalah konsumsi pil KB bersamaan dengan konsumsi obat lain. Hal ini bisa memengaruhi kinerja pil KB. Ini juga bisa meningkatkan risiko kehamilan atau bahkan berbahaya buat kesehatan tubuh.

Tidak Konsultasi ke Dokter

Tidak semua orang cocok dengan pil KB. Beberapa orang terlarang mengonsumsi pil KB karena hal tertentu. Untuk itu, sebelum mengonsumsi pil KB konsultasikan dulu hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Konsultasi dengan dokter membantumu untuk memilih alay kontrasepsi paling baik.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat mengonsumsi pil KB. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk lebih hati-hati lagi dalam memiliki alat kontrasepsi paling tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading