Sukses

Lifestyle

Penting, Begini Cara Menjaga Kebersihan Miss V Selama Haid

Fimela.com, Jakarta Haid atau menstruasi menjadi hal yang tak asing lagi buat setiap perempuan. Momen ini akan dialami setiap perempuan di setiap bulannya.

Haid atau menstruasi merupakan proses keluarnya darah kotor dari miss V yang terjadi akibat siklus bulanan alami pada tubuh perempuan. Melansir dari laman womenshealth.com, siklus ini merupakan proses organ reproduksi yang menandakan perempuan siap jika terjadi kehamilan.

Saat mengalami haid, biasanya perempuan akan menggunakan pembalut, tampon atau alat untuk menyerap darah haid. Para ahli percaya jika selama hadi keadaan miss V akan rentan terhadap berbagai bakteri. Untuk itu, penting bagi perempuan menjaga kebersihan miss V dengan lebih baik lagi. Bagaimana cara menjaga kebersihan miss V selama haid?

Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Haid

Rutin Ganti Pembalut

Pastikan untuk rutin mengganti pembalut. Sebaiknya pembalut tak digunakan lebih dari 4 jam. Jika darah yang keluar sedang deras-derasanya, segera ganti pembalut yang telah penuh meski pembalut digunakan kurang dari 2 atau 3 jam. Sebaiknya pembalut juga diganti setelah dirimu buang air kecil atau air besar.

Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Ganti Pembalut

Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah ganti pembalut. Pastikan juga jika pembalut serta celana dalam yang dirimu gunakan selama haid bersih.

Cuci Miss V dengan Cara Tepat

Usahakan untuk mencuci miss V dengan cara tepat. Hindari mencuci miss V dengan sabun cuci miss V karena tanpa menggunakan sabun ini miss V sudah bisa membersihkan dirinya sendiri. Miss V bisa menjaga kebersihan dirinya dengan baik. Saat mencuci miss V, cuci miss V dari arah depan ke belakang. Hindari mencuci dari arah belakang ke depan karena ini justru memungkinkan penyebaran bakteri lebih cepat.

Pilih Pembalut yang Aman

Para ahli menyarankan agar setiap perempuan memilih pembalut yang aman dan nyaman digunakan. Penelitian yang diterbitkan di jurnal JAMA Dermatology menyebutkan jika ada beberapa pembalut yang kurang aman dan ramah buat miss V. Hentikan penggunakan pembalut yang membuat miss V terasa gatal, panas atau tidak nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan miss V selama haid. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Stres Bisa Membuat Perempuan Tak Nyaman Berhubungan Intim
Artikel Selanjutnya
4 Zodiak dengan Kisah Cinta Menyedihkan di Bulan Libra