Sukses

Lifestyle

5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Usai Gempa Banten Terjadi

Fimela.com, Jakarta Ancaman bencana alam seperti gempa memang kerap terjadi di Indonesia. Karena bisa datang kapan pun, penting sekali bagi Sahabat Fimela untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat gempa terjadi. 

Seperti pada Jumat (2/8), gempa mengguncang Banten sekitar pukul 19.04 WIB. Gempa tersebut dikabarkan terjadi di 47 km Barat Daya Sumur - Banten dengan kekuatan magnitudo 6,9. 

Ketika gempa bumi terjadi, baik pemerintah maupun LSM kerap kali memberikan informasi apa saja yang harus kamu lakukan jika gempa besar terjadi. Baik ketika kamu berada di luar ruangan, area pegunungan, dalam rumah, atau juga gedung. Bukan hanya pada saat gempa terjadi, tata cara penyelamatan diri juga masih berlangsung ketika gempa sudah usai. 

Pasalnya, kerap kali usai sebuah gempa melanda, ada beberapa gempa-gempa kecil lainnya yang tidak kalah berbahaya dari gempa pertama. Untuk itu, penting sekali buatmu untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan usai gempa mengguncang area di mana kamu berada.

 

Tetaplah Berada di Tanah Lapang

Sampai pemerintah menyatakan kondisi sudah kembali aman, tetaplah berada di tempat pengungsian bersama masyarakat lainnya. Jangan masuki gedung atau bangunan yang sudah sedikit rusak akibat gempa, meski hanya sedikit retak. 

Dalam Bangunan

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tata cara penyelamatan diri dan antisipasi gempa bumi berbeda-beda, sesuai dengan kondisi di mana kamu berada. Ketika masih berada di dalam sebuah bangunan meski gempa sudah berhenti, tetaplah keluar dengan tertib. Jangan lupa untuk tetap menggunakan tangga darurat. Jika tersedia, bawa serta P3K keluar. 

Periksa Lingkungan

Jangan lupa, bangunan seperti rumah, kantor, dan lainnya memiliki sistem listrik juga gas yang berpotensi menimbulkan masalah lain usai gempa terjadi. Karena itu, periksa sekililing bangunan dan rumah, apakah ada kebakaran, kebocoran gas, terjadi hubungan arus pendek listrik. Juga periksa pipa air dan salurannya. 

 

Hindari Area Terkena Gempa

Banyak orang yang langsung ingin melihat kondisi kantor, gedung, atau rumah mereka pasca gempa terjadi. Namun, hal ini sangat berahaya. Bisa saja, ada bangunan rusak yang tiba-tiba jatuh menimpamu saat berjalan di sekitar kawasan yang diguncang gempa. 

Dengar Informasi dan Berita

Usai gempa terjadi, jangan lupa untuk terus update dengan keadaan terkini. Dengarkan informasi mengenai gempa bumi dari radio juga bisa. Sehingga, kamu bisa mendapat informasi terkini mengenai gempa susulan. Namun, jangan mudah terpancing berita hoaks yang tidak jelas sumbernya. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit
Artikel Selanjutnya
Kate Spade Rayakan Inklusivitas Lewat Naomi Watanabe