Sukses

Lifestyle

Cara Bersikap Tepat Jika Bos Menegur Suka Terlambat

Fimela.com, Jakarta Gawat! Untuk kesekian kalinya, kamu terlambat ke kantor. Walau tidak memiliki pekerjaan penting atau rapat yang dilakukan di awal agendamu, tapi tetap saja si bos menunjukkan rasa tidak senang pada kebiasaan ngaretmu. Baik keterlambatan sepenuhnya di luar kendalimu atau terjadi karena kesalahamu sendiri, begini cara tepat menyikapi teguran yang didapatkan.

Jangan Berbohong

Sangat menggoda untuk melebih-lebihkan alasan di balik keterlambatanmu. Namun hal ini justru akan membuatmu terperangkap dalam kebohongan yang lebih besar dan berisiko merusak kepercayaan atasan padamu.

Berikan alasan yang jujur, seperti bangun terlalu siang atau terjebak antrian di tempat pengisian bahan bakar mobil. Coba tata kata-katamu saat memberikan penjelasan dan bukan hanya sekadar membuat alasan.

Lanjutkan dengan Tulus Meminta Maaf

Setiap orang bisa membuat kesalahan. Menjadi bagian dari kehidupan, tidak ada salahnya untuk meminta maaf atas keteledoran yang sudah dilakukan. Berikan permintaan maaf secara langsung ketimbang lewat email atau lebih parah lagi, chat, untuk mengembalikan sedikit rasa percaya dan membuatmu lebih mudah untuk move on dalam melakukan pekerjaanmu.

Selain itu, jelaskan juga bahwa keterlambatan kali ini tidak akan menjadi kebiasaan. Biarkan atasan tahu bahwa sebenarnya kamu pribadi yang #AntiNgaret dan akan berusaha untuk selalu datang tepat waktu.

Tunjukkan Rasa Tanggung Jawab

Sayangnya, keterlambatanmu kali ini ada di luar kendalimu. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan caramu bereaksi. Selain memberitahukannya pada atasan, cobalah melakukan hal-hal yang dapat menebus waktu yang hilang. Mulai dari menjawab email di tengah macet, mencari solusi untuk memperbaiki meeting yang terlambat, atau apapun yang dapat meyakinkan atasan untuk mengabaikan kesalahanmu.

Jika sangat terlambat, pertimbangkan untuk membuat surat permintaan maaf atau email resmi pada atasan dan pihak HR. Hal ini juga sebaiknya dilakukan jika timbul masalah besar karena keterlambatanmu, misalnya kehilangan klien.

Akhiri pembicaraan yang menegangkan dengan atasanmu karena dapat memahami keterlambatanmu. Sekali lagi, yakinkan atasan jika dirimu akan mengubah kebiasaan ngaret dan berjuang untuk menjadi pejuang #AntiNgaret.

Selain membuat beberapa perubahan yang membantumu untuk datang lebih tepat waktu, andalkan GrabBike yang siap mendukungmu untuk mengejar hal-hal penting dalam hidup, salah satunya ketepatan waktu untuk tiba di kantor. Bukan hanya menyediakan jumlah kendaraan yang cukup, Grab pun menawarkan 4 kemudahan.

Mulai dari 5 juta titik jemput yang lebih akurat, layanan GrabNow yang mempermudahmu mendapat mitra pengemudi terdekat, fitur Venues yang memandu dengan foto dan teks ke titik jemput, hingga fitur Saved Places untuk menyimpan lokasi yang sering dikunjungi. Hindari risiko kena semprot atasan dengan mengandalkan #AntiNgaret, program dari GrabBike. Untuk informasi selengkapnya, cek langsung di instagram, @GrabID.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading