Sukses

Lifestyle

5 Tips Bisa Cepat Tidur di Tengah Gangguan Sedang Banyak Pikiran

ringkasan

  • Tuangkan dalam Tulisan
  • Latihan Teknik Pernapasan 4-7-8
  • Mendengarkan Audiobooks

Fimela.com, Jakarta Badan sudah sangat letih tapi masih saja sulit terlelap karena sedang banyak pikiran. Entah karena stres atau ada masalah yang belum diselesaikan dengan baik, rasanya sulit untuk tidur saat pikiran belum tenang. Padahal pada saaat yang sama tubuh kita sedang butuh istirahat.

Agar bisa cepat tidur di tengah kondisi kebanyakan pikiran, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari shesaid.com, Mary Hoang, Founder and Principal Psychologist di klinik tidur Sydney, The Indigo Project memiliki lima strategi yang bisa dicoba untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Selengkapnya, bisa langsung disimak di sini.

1. Tuangkan dalam Tulisan

Coba tuangkan isi pikiran dalam tulisan. Jika pikiran sedang rumit, coba pilah hal-hal yang masih bisa kita kendalikan dan hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Lepaskan hal-hal yang mungkin belum bisa kita kendalikan untuk saat ini. Dengan begitu, pikiran bisa lebih tenang kemudian.

2. Latihan Teknik Pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan yoga ini bagus untuk membantu kita fokus pada pikiran. Serta dapat membantu menyalakan sistem saraf parasimpatik agar lebih rileks. Caranya tarik napas perlahan selama 4 detik, tahan selama 7 detik, kemudian hembuskan perlahan selama 8 detik. Ulangi teknik ini beberapa kali, lalu rasakan efeknya yang bisa membuat tubuh lebih rileks.

 

3. Mendengarkan Audiobook

Tidak pernah ada kata tua untuk mendengar dongeng sebelum tidur. Kita bisa menggunakan audiobook dan memilih cerita serta suara yang sekiranya bisa membuat kita lebih tenang. Mendengarkan cerita bisa mengalihkan perhatian kita dan membantu kita untuk tidur lebih cepat.

4. Jauhkan Diri dari Benda-Benda Penyebab Stres

Untuk bisa tidur nyenyak, kita bisa melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Seperti bila stres kita disebabkan oleh tumpukan pekerjaan yang belum bisa diselesaikan hari itu, kita mungkin perlu memindahkan tumpukan pekerjaan tersebut ke ruangan lain. Jauhkan diri dari benda-benda atau hal-hal yang jadi penyebab stresmu. Dengan kata lain, kondisikan dirimu di dalam ruangan yang benar-benar nyaman untukmu.

5. Bangun dari Tempat Tidur

Sudah 20 menit masih saja tidak bisa tidur meski sudah berbaring, cobalah untuk bangun dari tempat tidur. Pindahlah ke ruangan lain. Bisa juga dengan meluangkan waktu untuk duduk dan menjauh dari tempat tidur selama beberapa waktu. Isi waktu dengan membaca atau mendengarkan musik lembut. Saat sudah lebih tenang, baru kita bisa kembali ke tempat tidur.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk mendapat tidur yang berkualitas, ya. Bagaimana pun kita butuh tidur yang cukup dan berkualitas agar bisa beraktivitas dengan lebih optimal.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput