Sukses

Lifestyle

4 Olahraga yang Bisa Membantumu Tidur Nyenyak di Malam Hari

ringkasan

  • Burpees
  • Berenang
  • Jalan Kaki

Fimela.com, Jakarta Sering mengalami insomnia atau sulit tidur pada malam hari? Sedang stres atau banyak pikiran yang membuatmu tak bisa tidur nyenyak beberapa waktu belakangan ini? Mungkin ini saat yang tepat untuk mulai lebih rajin melakukan olahraga.

Joshua Pearson, seorang fitness expert di Exercise.co.uk seperti yang dilansir dari metro.co.uk menyebutkan bahwa secara umum, hampir semua jenis olahraga memiliki dampak positif terhadap kualitas tidur kita. Olahraga dapat memengaruhi ritme sirkadian agar lebih teratur untuk tidur yang nyenyak. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang diyakini efektif untuk membantumu mendapat tidur yang nyenyak.

1. Burpees

Olahraga ini juga bisa sangat efektif untuk membakar lemak. Melibatkan latihan aerobik seluruh tubuh, burpees bisa memberi rasa lelah yang cukup dan membantu kita tidur lebih nyenyak pada malam hari. Kelebihan olahrga ini adalah kita bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja yang disesuaikan dengan jadwal dan kebutuhan kita.

2. Berenang

Berenang adalah olahraga kardiovaskuler yang punya banyak manfaat. Olahraga ini melibatkan setiap bagian tubuh dengan efisien sekaligus meningkatkan detak jantung. Selain membantu membakar kalori, berenang juga dapat membentuk otot-otot tubuh. Proses pembakaran energi dan manfaat kardio bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan kesehatan jantung sehingga dapat membuat kita lebih rilesk. Tidur pada malam hari pun jadi lebih nyenyak.

 

3. Jalan Kaki

Olahraga yang satu ini jelas sangat mudah dilakukan. Jalan kaki mungkin tidak akan meningkatkan detak jantung seperti jenis olahraga yang lebih intensif lainnya. Tapi olahraga ini bisa membantu kita untuk menenangkan pikiran. Kalori pun iku terbakar. Saat sedang kebanyakan pikiran atau sulit tidur pada malam hari, cobalah untuk keluar dan jalan-jalan sejenak.

4. Yoga

Gerakan yoga seperti cobra, lotus, warrior, dan downward dog bisa sangat baik dilakukan untuk mendapat tidur nyenyak di malam hari. Fokus pada latihan pernapasan yang teratur dan perlahan bisa membantu kita lebih rileks. Otot-otot tubuh tidak lagi kaku.

Kita bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kenyamanan dan keinginan kita. Yang penting adalah bisa melakukannya dengan rutin. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Makan Cake Cokelat Sebagai Sarapan Itu Sehat, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
4 Tips Sehat Mengatasi Tubuh yang Gampang Capek