Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, Ini 5 Bahaya Jarang Mengganti Bra

ringkasan

  • Bra menjadi sarang bakteri
  • Puting payudara menjadi gatal dan iritasi
  • Bra mudah rusak

Fimela.com, Jakarta Apakah dirimu tipe pribadi yang setiap hari ganti bra atau tipe pribadi yang akan memakai bra berkali-kali lantas jarang mencucinya? Bra merupakan salah satu pakaian dalam yang penting bagi setiap perempuan.

Setiap hari perempuan pasti akan mengenakan bra demi menjaga payudaranya tetap cantik dan mengesankan. Namun sayangnya, penelitian menyebutkan jika tidak sedikit perempuan yang jarang mengganti branya. Beberapa perempuan yang nyaman dengan satu bra miliknya akan memakai bra tersebut berulang kali.

Padahal nih ya, menggunakan bra berulang kali sangat tidak disarankan. Melansir dari laman prevention.com, semakin dekat sesuatu dipakai di tubuh kita termasuk bra dan celana dalam, sebaiknya semakin sering buat diganti dan dicuci hingga bersih. Bra yang jarang diganti akan menimbulkan berbagai bahaya di tubuh terutama payudaramu.

Bahaya Jarang Mengganti Bra

Bra Jadi Sarang Bakteri

Bahaya pertama adalah bra sebagai sarang bakteri dan kuman. Bra yang digunakan berulang kali, terkena noda keringat dan kotoran lain di tubuh bisa sangat rentan terhadap bakteri juga kuman. Jika bakteri yang bersarang di bra menumpuk, ini bisa sangat berbahaya buat kesehatan payudaramu.

Puting Payudara Gatal hingga Radang

Bra yang jarang diganti sudah tentu akan lebih mudah kotor. Bra yang kotor bisa menyebabkan gatal, lecet hingga radang pada puting payudara. Puting adalah bagian tubuh yang sangat sensitif sehingga sangat rentan terkena berbagai masalah termasuk gatal akibat pemakaian bra yang tidak tepat.

Jerawat

Bra yang jarang diganti dan dijadikan sarang bakteri akan lebih berisiko menimbulkan masalah jerawat. Bra yang digunakan setiap hari bersamaan dengan melakukan aktivitas padat yang membuatmu berkeringat, ini sangat mungkin membuatmu mudah jerawatan di bagian punggung.

Bau Badan

Bra yang terlalu sering dipakai dan jarang diganti akan berbau tidak sedap. Bau ini bahkan bisa menyebar ke pakaianmu dan menyebabkan bau badan. Tak hanya itu saja, penelitian berjudul Bra and Breast Cancer Study menyebutkan jika memakai bra sama setiap hari dalam waktu lama dan ketat bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Bra Mudah Rusak

Jarang mengganti bra akan membuat bra mudah cepat rusak. Bra yang dipakai setiap hari akan lebih mudah ternoda, kendur dan tidak nyaman saat dipakai.

Itulah beberapa bahaya dari kebiasaan buruk jarang mengganti bra. Sebaiknya bra diganti setiap hari. Semakin sering dirimu berkeringat, sebaiknya bra semakin sering diganti dan dicuci. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Rajin Makan Bawang Jenis Ini, Mampu Turunkan Risiko Kanker Payudara
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Bra yang Digunakan Benar-Benar Pas dengan Ukuran Tubuh