Sukses

Lifestyle

Tips Merebus Kikil agar Empuk, Simak 3 Tahapannya

ringkasan

  • Potong terlebih dahulu sebelum direbus
  • Tambahkan aneka rempah dengan aroma yang kuat
  • Gunakan panci presto saat merebusnya

Fimela.com, Jakarta Kikil punya tekstur yang kenyal dan tebal. Cita rasanya yang unik itu membuatnya bisa diolah jadi aneka hidangan lezat. Mulai dari oseng kikil, kikil balado, hingga bisa diolah jadi gulai kikil. Tapi kalau kikil terlalu alot, hasil olahan pun jadi kurang sempurna.

Membersihkan kikil bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air panas atau air mendidih. Bila masih ada bulu yang menempel, setelah perendaman pertama permukaan kikil bisa dikorek lebih dahulu. Untuk proses perebusan agar kikil cepat empuk, ada tips yang perlu diperhatikan.

1. Kikil Dipotong-potong

Kikil sebaiknya dipotong-potong lebih dulu sebelum direbus. Cek permukaannya, jangan sampai masih ada kotoran atau bulu yang menempel. Kikil yang sudah dipotong ini akan mempercepat proses pematangan.

 

2. Tambahkan Aneka Rempah dengan Aroma Kuat

Kita bisa menambahkan aneka rempah, seperti jahe dan lengkuas dalam air rebusan. Bisa juga menambahkan serai dan daun jeruk untuk menghasilkan aroma yang lebih segar. Bila berencana untuk membuat olahan kikil yang digoreng atau dibacem, kita bisa memasukkan bumbu ungkep ke dalam air rebusannya sekalian.

3. Merebus dengan Panci Presto

Siapkan panci yang sudah berisi air. Masukkan kikil hingga terendam. Lalu masak sekitar 1 jam sampai kikil benar-benar empuk. Proses perebusan kikil dengan panci presto jelas lebih cepat dibandingkan menggunakan panci biasa. Bila menggunakan panci biasa, proses perebusan bisa memakan waktu 2-3 jam.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading