Sukses

Lifestyle

10 Tanda Kamu Perempuan yang Cerdas Mengatur Uang

Fimela.com, Jakarta Meski punya penghasilan besar, ternyata tidak setiap perempuan mampu mengatur keuangan dengan baik. Tapi ada cara untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang yang cerdas mengelola keuangan atau tidak. Ada 10 tanda yang bisa kamu lihat apakah kamu termasuk wanita yang pandai mengatur uang, seperti dikutip dari Businessinsider.sg.

1. Punya pendapatan tetap

Memiliki pendapatan tetap dan tahu berapa banyak uang yang kamu dapatkan adalah tanda awal kamu punya finansial stabil, karena lebih banyak orang yang mengalami masalah uangan adalah mereka yang tak punya pekerjaan tetap dan gaji tetap.

2. Tahu berapa banyak uang yang dihabiskan tiap bulannya

Jika kamu tipe orang yang selalu mencatat berapa banyak pengeluaran setiap hari dan setiap bulan agar tahu seberapa banyak kebutuhanmu, ini tanda kamu peduli dengan keuanganmu dan ingin memegang kendali atas keuangan yang baik.

3. Bisa memenuhi kebutuhan bulanan tanpa masalah

Dengan gaji yang kamu miliki saat ini, nyatanya kamu mampu membayar kebutuhanmu yang esensial, seperti makan, uang sewa, transportasi atau bahkan makanan hewan peliharaan tanpa harus terjebak hutang atau kehabisan selama sebulan.

4. Bisa membeli barang yang kamu inginkan

Ketika ingin beli baju atau sepatu baru atau jalan-jalan, kamu bisa melakukannya tanpa beban atau khawatir bangkrut di akhir bulan karena kamu tahu kamu sudah memperhitungkan banyak hal sebelum membeli sesuatu.

Tanda Kamu Cerdas Mengatur Uang

5. Bisa menabung

Meski sedikit, namun kamu memastikan ada uang yang ditabungkan. Entah kamu menargetkan sejumlah tertentu, yang pasti kamu selalu menyisihkan uang untuk menjadi tabungan.

6. Tak punya tagihan kartu kredit

Kamu tipe orang yang cerdas mengatur keuangan jika paham bahwa membayar tagihan atau hutang adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika gajian. Sebelum keperluan lainnya, kamu memastikan telah lunas membayar tagihan apapun termasuk kartu kredit agar tidak punya beban.

7. Bisa membayangkan masa tua yang tidak kekurangan

Bagaimana dirimu 5 tahun dari sekarang? Jika kamu bisa menjawab bahwa hanya sedikit kekhawatiran karena kamu merasa sudah menyiapkan jaminan masa depan agar tak perlu kekurangan uang, maka kamu tahu kamu tak punya masalah keuangan.

8. Punya rencana masa depan menghasilkan lebih banyak uang

Bukan hanya menerima gaji bulanan, kamu juga memikirkan cara lain menghasilkan uang saat ini, entah dengan jualan atau part-time. Ini adalah cara cerdas memastikan kamu tak kekurangan sekaligus memanfaatkan wkatu luang yang menghasilkan.

9. Siap secara finansial menjalani komitmen

Ketika ingin memulai hubungan komitmen serius, finansial stabil adalah syarat umum. Jika kamu sudah yakin bisa berkecukupan setelah menikah nanti, berarti kamu mapan secara keuangan.

10. Melakukan investasi dengan uangmu

Ketika menerima gaji dan memikirkan masa depan, mungkin investasi sudah ada di kepalamu, dan daripada nongkrong di kafe setiap hari, kamu menyisihkan uang tersebut untuk diinvestasikan. Misalnya dengan menjajal jenis investasi yang kini menjadi incaran milenial seperti deposito atau reksadana. Bisa juga dengan investasi properti dengan KPR agar masa depan lebih nyaman dengan memiliki hunian sendiri.

Jadi, sudahkan kamu memenuhi sekian tanda keuangan di atas? Bersyukurlah jika kamu memenuhi semua poinnya, Sahabat Fimela. Memang perempuan cerdas!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mendapatkan Rumah Impian untuk Pasangan Muda