Sukses

Lifestyle

5 Kelebihan Orang Bertangan Kidal yang Membuatnya Lebih Menonjol

ringkasan

  • Berisiko Rendah Mengalami Radang Sendi dan Tukak
  • Mempunyai Jiwa Kompetitif
  • Memiliki Pengendalian Diri yang Baik

Fimela.com, Jakarta Tahukah bahwa 10% dari populasi dunia bertangan kidal? Bila kita bertangan kidal, maka kita termasuk dari sebagian kecil populasi duni tersebut. Bertangan kidal sejak kecil kita pasti pernah mendapat berbagai pengalaman unik dan menarik. Bahkan seringkali kita menjadi 'kaum minoritas' di lingkunan pergaulan kita.

Menjadi orang bertangan kidal kita diberkati dengan sejumlah kelebihan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki orang bertangan kidal dan membuatnya lebih menonjol dari orang lain. Seperti kelebihan-kelebihan berikut ini.

1. Berisiko Rendah Mengalami Radang Sendi dan Tukak

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Laterality, ditemukan bahwa orang bertangan kidal memiliki risiko tinggi mengalami radang sendi dan tukak. Para peneliti meyakini penyebabnya terkait dengan DNA yang menyebabkan seseorang bertangan kidal. Jadi, kondisi kita yang bertangan kidal memang perlu disyukuri juga.

2. Mempunyai Jiwa Kompetitif

Untuk bisa bertahan di dunia yang semakin keras, perlu jiwa kompetitif yang kuat. Dilansir dari mccormick.northwestern.edu, sebuah penelitian yang dilakukan di Northwestern menyebutkan bahwa orang yang bertangan kidal lebih kompetitif dibandingkan kooperatif. Dalam sikap kooperatif atau kerja sama, biasanya dibutuhkan kebiasaan penggunaan tangan yang sama seperti dalam berbagi alat. Dalam sebuah kompetisi biasanya akan menguntungkan orang yang berbeda, seperti dalam sejumlah kompetisi olahraga yang bisa memberi keuntungan sendiri pada pemilik tangan kidal.

 

 

 

3. Memiliki Pengendalian Diri yang Baik

Dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov, sebuah penelitian di JECN menemukan bahwa orang yang bertangan kidal memiliki kemampuan menahan diri yang lebih baik dibandingkan orang yang tak bertangan kidal. Kemampuan mengendalikan diri yang baik bisa sangat menguntungkan kita karena tidak rentan mengalami stres. Selain itu, kita juga bisa lebih mudah memposisikan diri kita di berbagai situasi dengan lebih mudah.

4. Memiliki Kemampuan Menaklukkan Tantangan untuk Menjadi Lebih Kuat

Hidup di dunia yang didominasi orang bertangan kanan membuat kita mau tak mau harus bisa beradaptasi di berbagai kondisi. Segala tantangan yang ada membuat kita jadi pribadi yang lebih kuat. Menggunakan banyak alat yang menyulitkan orang bertangan kidal menjadi tantangan tersendiri. Tapi dari situ justru kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat begitu berhasil menaklukkan tantangan yang ada.

5. Mampu Memproses Banyak Informasi dengan Cepat

Peneliti dari Australia National University menunjukkan bahwa orang kidal bisa mengungguli orang tak bertangan kidal dalam memproses banyak informasi dengan cepat. Seperti dalam bermain video game, orang kidal cenderung lebih jago. Menembak musuh, membunuh zombie, dan menghindari tabrakan mobil dalam bermain video game bisa dilakukan dengan gesit oleh orang bertangan kidal.

Masing-masing dari kita punya kelebihan dan keunggulan sendiri. Bertangan kidal atau tak bertangan kidal, kita tetaplah pribadi yang istimewa dengan keunikan masing-masing. Kini, saatnya untuk lebih fokus meningkatkan kualitas-kualitas baik dalam diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menebak Kepribadian Berdasar Posisi Tidur Favorit
Artikel Selanjutnya
Si Introvert Juga Bisa Jadi Teman yang Baik, Ini Tipsnya