Sukses

Lifestyle

5 Tanda Tubuhmu Sudah Mendapat Cukup Air

ringkasan

  • Tubuh Terasa Berenergi
  • Bisa Berkonsentrasi dengan Baik
  • Suasana Hati Terasa Lebih Positif

Fimela.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya adalah salah satu kebiasaan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, dampaknya bisa buruk untuk kesehatan. Sekarang coba kita cek lagi apakah kebutuhan cairan tubuh kita sudah terpenuhi dengan baik?

Bila kebutuhan cairan sudah tercukupi dengan baik, tubuh akan langsung merasakan efeknya. Berikut ini beberapa tanda yang bisa kita rasakan saat kebutuhan minum kita telah tercukupi. Selengkapnya langsung simak di sini, ya.

1. Tubuh Terasa Berenergi

Sel-sel tubuh kita butuh air untuk bisa berfungsi dengan baik. "Sel-sel mengandung air dan dikelilingi oleh air," papar Ronald Navarro, MD, ahli ortopedi dan dokter bedah di Kaiser Permanente South Bay Medical Center, Harbor City, California yang dikutip dari rd.com. Bila tubuh kekurangan cairan, maka kita akan merasa letih tak berenergi. Tapi saat cairan tubuh sudah terpenuhi dengan baik, tubuh akan terasa lebih berenergi.

2. Bisa Berkonsentrasi dengan Baik

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, dehidrasi ringan bisa mengganggu cara kerja otak dan menurunkan daya konsentrasi kita. Sama seperti kebutuhan tidur, menjaga pola makan sehat, dan olahraga, air merupakan salah satu kebutuhan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tubuh kita sebagian besar tersusun dari air, maka penting untuk mencukupi kebutuhan air untuk memberihkan dan menjalankan sistem tubuh kita.

 

3. Suasana Hati Terasa Lebih Positif

Saat dehidrasi, suasana hati bisa memburuk dan kepala terasa pusing. Sedangkan bila kebutuhan cairan sudah terpenuhi, suasana hati kita bisa terasa lebih positif. Tidak gampang uring-uringan.

4. Bisa Buang Air Besar secara Rutin

"Orang yang minum cukup air biasanya akan rutin buang air besar. Susah buang air besar atau sembelit merupakan tanda kita kekurangan cairan," ungkap Dr. Navarro. Rutin tidaknya kita buang air besar bisa menjadi tanda tercukupi tidaknya kebutuhan cairan tubuh. Saat kebutuhan cairan sudah terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar kita akan bisa lebih teratur buang air.

5. Kulit Tampak Lebih Cerah

Saat kebutuhan cairan terpenuhi, kulit akan tampak lebih cerah. Kulit merupakan organ terluas di tubuh kita dan bergantung pada asupan air untuk memproduksi sel-sel baru dan membuat kulit tampak cerah. Kulit kita 30% kandungannya adalah air dan berperan penting dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Lima tanda di atas adalah tanda paling umum kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi. Kebutuhan air minum tiap orang bisa berbeda tergantung dari kebutuhan dan intensitas aktivitasnya. Biasanya, orang dewasa butuh 8 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Yuk, kita penuhi kebutuhan air minum dengan baik sebagai salah satu langkah penting menjaga kesehatan tubuh dengan lebih optimal lagi.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Self Care untuk Kesehatan Jiwa, Pernah Coba?
Artikel Selanjutnya
Mengganti Ini Bisa Membuatmu Bangun Pagi, Menurut Studi