Sukses

Lifestyle

4 Tanda Pola Dietmu Berdampak Buruk bagi Kesehatanmu

ringkasan

  • Sering Flu
  • Gampang Lupa
  • Sering Sakit Kepala

Fimela.com, Jakarta Untuk menurunkan berat badan, memilih pola diet yang tepat sangatlah penting. Hanya saja terkadang kita masih sering ikut-ikutan tren diet tertentu padahal belum tentu pola dietnya sesuai dengan kondisi kita. Salah memilih pola diet, dampaknya bisa buruk untuk kesehatan.

Bila saat ini di antara kita ada yang sedang menjalankan pola diet tertentu, saatnya untuk mencoba mengevaluasinya sebentar. Jika kita mulai merasa ada tanda-tanda yang mengarah pada makin memburuknya kondisi kesehatan kita, ada baiknya untuk memperbaiki pola makan dan kebiasaan kita. Jangan sampai kita mengorbankan kondisi kesehatan kita, ya.

1. Sering Flu

Pam Schoenfeld, MS, seorang ahli gizi terdaftar seperti yang dilansir dari rd.com mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin karena pola makan yang buruk dapat membuat kita rentan terhadap kuman yang ada di sekitar kita. "Vitamin A, B6, dan C, serta zink dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan. Terlalu banyak orang menghindari sumber mineral-mineral tersebut yang terkandung dalam daging, kerang, hati, dan telur karena pemahaman yang salah bahwa makanan tersebut buruk atau bisa membuat tubuh gemuk," ungkap Pam. Tidak makan cukup sayur dan buah juga bisa menurunkan kekebalan tubuh kita. Bila dalam menjalankan pola diet yang kita lakukan saat ini kita sering sakit sepertu flu dan pilek, coba pertimbangkan untuk memperbaiki pola makan yang lebih sehat dan sesuai kebutuhan.

2. Gampang Lupa

Vernon Williams, MD, ahli neurologi dan direktur Sports Neurology & Pain Medicine di Kerlan-Jobe Orthopaedic Clinic, Los Angeles mengungkapkan bahwa makanan yang kita konsumsi berdampak langsung pada fungsi otak. Otak kita menggunakan lebih dari 20% energi harian tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Kebanyakan mengonsumsi junk food bisa memengaruhi fungsi otak dan membuat kita jadi pelupa. Pola makan atau pola diet yang buruk juga dapat membuat kita jadi gampang lupa dan susah fokus.

 

 

3. Sering Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sakit kepala kronis bisa disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol dan kopi, merokok, mengonsumsi produk olahan susu dan gluten, dan bahkan mengunyah permen karet. Bila dalam menjalankan pola diet ini kita sering mengalami pusing atau sakit kepala, ada baiknya untuk segera memperbaiki pola makan kita. Makanan yang kita konsumsi pun bisa memengaruhi intensitas sakit kepala yang kita rasakan.

4. Letih Sepanjang Waktu

Terlalu sibuk dan jadwal harian yang padat membuat kita bisa merasa capek atau letih sepanjang hari. Pola makan pun bisa memengaruhi kondisi ini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan juga dapat membuat kita gampang capek. Cek juga pola diet yang kita pilih, karena salah memilih pola diet yang membuat pola makan makin buruk bisa membuat kita merasa letih sepanjang waktu.

Bila kita merasakan tanda-tanda di atas, ada baiknya untuk mengecek dan mengevaluasi kembali pola makan atau pola diet yang kita jalani. Di tengah usaha kita untuk mengikuti sebuah pola diet atau usaha menurunkan berat badan, kita tetap perlu mengutamakan kondisi kesehatan kita, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Self Care untuk Kesehatan Jiwa, Pernah Coba?
Artikel Selanjutnya
Demi Kesehatan, Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini dari Keseharian