Sukses

Lifestyle

Sebelum Olahraga, Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

ringkasan

  • Makanan Berkabohidrat Berat
  • Minuman Berkarbonasi
  • Minuman Berkafein

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur merupakan dua hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat akan melakukan olahraga pun, kita perlu memperhatikan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Ada makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya dihindari atau tak dikonsumsi sebelum olahraga.

Mengonsumsi minuman dan makanan yang 'salah' sebelum olahraga bisa mengurangi manfaat dari olahraga yang kita lakukan. Malah kegiatan olahraga yang kita lakukan bisa jadi kurang efektif bila mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak seharusnya dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi sebelum olahraga.

Makanan Berkabohidrat Berat

Tubuh kita butuh karbohidrat sebagai sumber energi, tapi seringkali kita kebablasan dalam mengonsumsinya. Dilansir dari rd.com, sebaiknya kita tak mengonsumsi karbohidrat seperti pasta dan roti sebelum olahraga. Jika ingin mengonsumsi makanan berkabohidrat, bisa pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum utuh sebagai sumber energi olahraga.

Minuman Berkarbonasi

Kandungan karbonasi dalam minuman bisa menyebabkan perlut kembung yang tidak baik dalam rutinitas olahraga kita. Karbonasi juga dapat menghambat aliran cairan ke otot-otot tubuh kita. Lebih aman memang cukup minum air putih saja sebelum olahraga, bukan minuman bersoda atau minuman berkarbonasi.

 

Minuman Berkafein

Meski ada penelitian yang menyebutkan bahwa kafein bisa meningkatkan performa kita tapi itu hanya berlaku bila dilakukan dalam kadar cukup, yaitu sekitar 200 mg. Kalau pun ingin mengonsumsi minuman berkafein sebelum olahraga, batasi hanya setengah gelas saja.

Buah Avokad

Buah avokad mengandung lemak tak jenuh dan lemak takjenuh-jamak yang sehat. Tapi sebaiknya tak dikonsumsi saat akan olahraga sebab akan membuat tubuh makin terbebani. Makanan tinggi lemak membuat kita kenyang lebih lama karena butuh waktu lama untuk dicerna. Penyebab utamanya adalah karena darah dan sumber daya jasmaniah dialihkan ke sistem pencernaan dan bukan otot tubuh. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, termasuk kacang-kacangan sebelum olahraga agar hasil olahraganya bisa lebih maksimal.

Kembang Kol

Kembang kol memiliki kandungan anti kanker. Tapi sebaiknya tak dikonsumsi saat akan olahraga. Sebab bisa menyebakan perut kembung karena kandungan gula yang sulit dicerna disebut rafinosa. Bila ingin mengonsumsinya, sebaiknya dilakukan setelah olahraga dan selesai membersihkan diri.

Gula dan pemanis buatan juga sebaiknya dihindari atau dibatasi saat akan olahraga. Smoothies, sepotong pisang, susu kedelai, dan yogurt bisa jadi kudapan yang cukup disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Pastikan saja konsumsinya tidak berlebihan, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Lebih Bergairah di Pagi Hari dan Perempuan di Malam Hari, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
Blanching, Cara Agar Sayur yang Ditumis Tidak Berubah Hitam