Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Acar Mentimun yang Renyah

Fimela.com, Jakarta Mi goreng, nasi goreng, martabak telur, dan mi ayam jadi terasa sempurna bila dinikmati dengan acar mentimun sebagai pelengkapnya. Acar mentimun yang renyah dan segar pun bisa jadi pelengkap sempurna untuk aneka hidangan. Tapi sudah tahukah cara membuat acar mentimun renyah yang mudah?

Mulai dari pemilihan mentimun hingga proses pembuatan, ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Langsung saja simak selengkapnya di sini.

Acar Mentimun dengan Garam, Gula, dan Cuka

Kita bisa membuat acar mentimun yang dicampur dengan wortel. Cukup siapkan 500 gram mentimun yang tidak terlalu tua dan 2 buah wortel. Belah mentimun dan buang isinya, kemudian potong agak tipis. Wortel juga dipotong seperti bentuk korek api. Mentimun dan wortel kemudian dijemur di bawah panas matahari selama sekitar 2 jam.

Setelah selesai ditiriskan, wortel dan mentimun bisa dicampur dengan garam, gula, dan cuka. Aduk sampai rata. Lalu simpan dalam stoples kaca bertutup rapat. Simpan dalam kulkas selama sekitar 1 jam. Acar mentimun yang renyah siap dinikmati.

 

Acar Mentimun dengan Cabai dan Bawang

Pilih jenis hijau berukuran kecil aar teksturnya renyah. Mentimun dicuci bersih lalu dipotong ujung pangkalnya. Kerat buah mentimun jadi empat bagian sampai merekah. Masukkan ke dalam stoples kaca yang sudah direbus dan dikeringkan.

Buat kuah acar dengan merebus air secukupnya yang ditambah garam dan cuka. Koreksi rasa sampai menghasilkan rasa asam sedikit manis. Tuang kuah ke dalam stoples. Tambahkan cabai, bawang merah, dan bawang putih ke dalam stoples. Tutup rapat lalu simpan di dalam tempat sejuk. Acar mentimun bisa dinikmati keesokan harinya atau bisa disimpan selama 3 hari untuk mendapatkan rasa yang lebih asam.

Cukup mudah bukan membuat acar mentimun yang renyah ini? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Acar Cabai Rawit Hijau Segar