Sukses

Lifestyle

Serba-serbi Kandungan Gluten Pada Kopi

Fimela.com, Jakarta Gluten sering menjadi momok tersendiri, terutama bagi orang-orang yang sedang berusaha untuk diet. Ketika bicara tentang menghindari makanan atau minuman yang mengandung gluten, sebenarnya kamu tidak perlu benar-benar berhenti minum kopi.

Secara alami, kopi bebas gluten dan hanya akan menjadi sumber potensial gluten jika ada kontaminasi dari gandum. Jika kamu khawatir tentang ini, maka sebaiknya buatlah kopimu sendiri, beli biji kopi organik, dan giling di rumah.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (14/8/2019), kontaminasi gluten pada kopi juga bisa terjadi di restoran dan kafe, terutama jika tempat tersebut menggunakan mesin kopi yang sama untuk menyeduh semua jenis kopi berbagai rasa. Selain itu, jika kamu menambahkan krimer, sirup, dan gula, kemungkinan peningkatan gluten pada kopi semakin besar, sehingga ingatlah untuk selalu memeriksa label kandungan produk kopi dengan hati-hati.

Jauhi juga kopi instan. Menurut beberapa penelitian, kopi instan dapat menyebabkan respon gluten pada orang-orang dengan penyakit celiac karena terkontaminasi silang dengan jejak gluten.

 

Tidak hanya gluten, kopi itu sendiri juga bisa menyebabkan reaksi negatif pada tubuh

Para peneliti menyimpulkan bahwa kopi murni paling aman bagi mereka yang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten. Namun, gluten bukan satu-satunya yang harus kamu khawatirkan, kafein dalam kopi juga dapat dengan mudah mengiritasi dan menyebabkan gejala gastrointestinal yang mirip dengan reaksi negatif terhadap gluten, seperti diare, sakit perut, dan kram.

Bahkan jika kopi itu sendiri tidak mengandung gluten, keasaman kopi dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, refluks, bahkan diare. Jika kamu tidak berhenti minum kopi, coba larutkan kopi dengan susu bebas laktosa hangat atau susu almond yang dapat mengatasi gejala-gejala tersebut.

Jika kamu sedang melakukan diet bebas gluten dan berpikir bahwa kopi salah satu penyebabnya, cobalah berhenti minum kopi selama seminggu. Untuk asupan kafein, cobalah teh hitam atau teh hijau. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jaga Kesehatanmu, Hindari Minum Kopi saat Perut Kosong
Artikel Selanjutnya
Pengganti Kopi, Teh CTC Jadi Minuman Anti Kantuk yang Lebih Sehat