Sukses

Lifestyle

Merdeka dari Negatif Body Image, Kenali Toxic yang Harus Dibuang dari Dalam Diri

Fimela.com, Jakarta Diakui atau tidak, nyatanya perempuan belum bisa merdeka dari kebiasaan mencela diri sendiri. Kurang inilah, kurang itulah, segalanya selalu tampak kurang di mata si pemilik tubuh. Padahal menurut penelitian, ketika seseorang memiliki kepercayaan diri dan sikap menghargai diri yang tinggi, orang tersebut bisa lebih sukses dan maju ketimbang orang di sekitarnya.

Seperti dikatakan psikolog klinis dan spesialis gangguan makan Dr. Haica Rosenfeld, Psy.D., CEDS-S, dalam Bustle, "Tampaknya sudah tertanam dalam masyarakat dan budaya kita bahwa kritik-diri akan memotivasi kita untuk berubah atau menjadi lebih baik." Sayangnya ini bisa jadi pola pemikiran destruktif yang dapat memengaruhi setiap aspek kehidupan. Lalu jika ingin terbebas dari negative body image, apa dong yang harus dilakukan?

1. Perhatikan bahasa yang kamu gunakan

Jangan asal mengatakan ini itu bahkan pada diri sendiri. Karena kata-kata negatif hanya akan mengundang anggapan dan pikiran negarif pada diri sendiri. Jika kamu saja memandang buruk diri sendiri, bagaimana orang lain?

2. Respon pikiran negatif dengan pikiran positif

Pernah melihat sisi jahat dan sisi baik yang sering digambarkan di film-film? Begitu juga yang terjadi di dalam dirimu. Ketika sisi burukmu mulai mencela diri sendiri, balas dengan memuji diri sendiri. Misalnya, ketika mulai berpikir 'Duh pinggul dan paha ini gede banget sih', balas dengan 'Eh, tapi nggak papa sih, jadi kelihatan seksi.'

3. Belajar berterima kasih pada diri sendiri

Untuk orang minder, susah memang mengakui kelebihan diri sendiri. Namun jika belajar perlahan bisa dibiasakan kok. Sederhananya kamu hanya perlu berterima kasih pada tubuh untuk hal-hal kecil seperti 'untung punya lemak banyak, jadi nggak gampang kedinginan'. Makasih ya tubuh.

4. Jika merasa tak berguna atau stuck, lakukan ini

Olahraga bisa jadi cara menyingkirkan pikiran negatif, percaya atau tidak. Ketika kamu minum air putih cukup, lalu berjalan santai atau bergoyang mengikuti irama lagu, keringat akan keluar dan otak akan melepaskan hormon kebahagiaan yang membuatmu lebih puas dengan diri sendiri dan bepikir positif secara alami.

5. Lebih banyak tertawa

Jangan terlalu serius jadi orang dan menjalani hidup, lebih seringlah bercanda, punya pikiran terbuka dan fleksibel. Punya sudut pandang yang luas akan membuatmu lebih mudah menerima komentar, bahkan jika itu buruk. Jadi lebih banyaklah tertawa.

Jadi sudahkah kamu menerapkan sekian poin di atas? Mulai sekarang, merdeka lah dulu dari pikiran buruk dari dalam dirimu sendiri sebelum merdeka dari yang lain, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading