Sukses

Lifestyle

Mencintai Diri Sendiri, Cara Novia Nur Ismi Merdeka dari Komentar Negatif Tentang Jerawat

Fimela.com, Jakarta Perempuan Indonesia tidak perlu lagi bersusah payah melawan penjajah untuk merdeka. Kini, yang perlu kita perangi ialah ego diri sendiri, hingga komentar negatif orang lain terhadap diri kita.

Jika kita masih sering menyalahkan diri sendiri, tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki, hingga sering mengeluh, ini menandakan kita belum merdeka terhadap diri sendiri. Memang, manusiawi bisa sesekali orang merasa kurang, namun jika terus menurus rendah diri, justru akan menghambat kita untuk meraih cita-cita.

Hal yang paling sering kita alami adalah mengeluhkan penampilan fisik dan peduli akan komentar orang lain. Alhasil hal tersebut membuat diri kita selalu minder dan tidak percaya diri. Penting untuk diketahui, penampilan fisik tidak menjadi patokan dalam meraih kesuksesan.

Tidak percaya diri akan penampilan fisik juga sempat dialami Novia Nur Ismi. Sebagai seorang perempuan, wajah mulus tanpa jerawat memang sangat didambakan. Namun, Novia justru harus berkutat dengan permasalah jerawat sejak ia duduk di bangku kelas 1 SMA tahun 2013. Tipe jerawat yang muncul pada wajah Novia adalah cystic atau nodul.

Permasalahan jerawat yang dimiliki Novia cukup parah. Jaringan kulit mengalami penumpukan dan penyumbatan oleh sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri.

Persoalan ini memang sempat membuatnya sedih. Bahkan Novia sempat berdiam diri di kamar. Sampai-sampai, Novia sempat menyalahkan keadaan dan membenci dirinya sendiri.

“Pernah merasa malu dan minder tentunya ketika awal-awal jerawat muncul. Apalagi melihat teman-teman wajahnya mulus, sedangkan saya engga. Pasti banyak omongan negatif yang saya terima, hingga membuat saya sakit hati,” ujar Novia kepada Fimela.com.

Berani Berbicaya

View this post on Instagram

Bengong😶 Btw, aku lagi breakout nih. Aku mau share cara aku nanganin breakout mhehe so so an aja gitu inima sapa tau jadi mangpaat bwat yg baca🙈 Kalau aku lagi breakout langkah pertama yg harus dilakukan adalah JANGAN PANIK. Kalau panik, nanti kesononya ribet nenk. Keep calm, tenang, santuy aja dlu. Terus pikirin, apa yg jadi penyebab aku breakout. Misalnya makan yg terlalu sembarangan, nyuci mukanya ga bersi, sprei belum diganti, handuk kotor, makeup gacocok atau yg lainnya pokok'e. Setelah ketemu penyebabnya, maka jauhi dlu si penyebabnya itu. Baru deh aku obatin pake obat topikal (obat oles) yg biasa aku pakek. Biasanya sih 2 mingguan udah pada kempes. Intinya, apa2 tu jangan panik, jangan kea kebakaran jenggot, jangan riweuh kalau sunda nya mah. Tenang aja, sabar, nikmatin tjuy~ #NonopAcneStory #myacnestory

A post shared by Novia Nur Ismi (@nvnrsm) on

Novia tidak mau terus terjerumus dengan keadaan yang harus selalu mementingkan penampilan fisik, serta memikirkan omongan atau komentar negatif. Mahasiswi tingkat akhir jurusan Sosiologi ini akhirnya berani berbicara tentang keadaannya. Menurutnya mengeluh bukanlah cara untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dukungan dan dorongan orang-orang terdekat mampu membuatnya bangkit lagi. Ia mulai menunjukkan dirinya apa adanya.

“Karena sakit hati sama omongan orang yang bilang, kok foto di media sosial sama aslinya beda ya. Awalnya karena itu, aku jadi berani untuk cerita, mau memperlihatkan bagaimana keadaanku sebenarnya. Jadi aku juga bisa mewakili perempuan berjerawat yang sering dicemooh orang lain,” ungkapnya.

Novia mulai memberanikan diri untuk tampil apa adanya di sosial media. Tak lagi menggunakan editan foto untuk menutupi jerawatnya. Wajah yang dipenuhi jerawat bukanlah masalah lagi baginya.

Mencintai diri sendiri dan tidak perlu menyerah

Novia pun memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menceritakan keadaanya. Menurutnya cara ini sangat membantu, sebab ternyata banyak juga perempuan dengan pengalaman yang sama.

“Ternyata pas aku cerita, banyak juga yang sepengalaman sama aku. Saat ini aku juga mulai menggunakan YouTube untuk cerita karena durasi video yang bisa cukup lama,” paparnya.

Kebahagiaan hanya datang diri kita sendiri.Terima kondisi diri sendiri dan tidak peduli dengan komentar negatif dari orang lain. Mencintai diri sendiri ialah kunci membuat hidup kita bebas dan merdeka.

“Sebenernya aku cerita kepada orang lain itu biar nyemangatin perempuan yang juga punya masalah dengan jerawat. Jadi tidak menyalahkan diri sendiri, ngga minder, mencintai diri sendiri. Jadi jerawat jangan jadi alasan untuk menghentikan cita-cita kita,” ujarnya.

Menurut Novia, ketika mencintai diri sendiri kita akan merasakan kebebasan, meningkatkan rasa percaya diri, dan tidak peduli akan pendapat buruk. Inilah yang membuat hidup lebih bahagia.

“Beauty bullying sering terjadi semenjak aku tampil di Instagram dan semakin kesini makin banyak bully karena viral. Aku ngga buka komentar aja, kalo baca juga pasti down. Setelah cerita kebanyakan dukungan positif ya, ada yang ikut cerita juga,” ungkapnya.

Jadi sudahkan sahabat Fimela merdeka akan diri sendiri?

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Skincare Berkandungan Benzoyl Peroxide
Artikel Selanjutnya
Cara Aman Mengatasi dan Menghilangkan Whiteheads