Sukses

Lifestyle

Sambut HUT RI ke-74, Ini Makna 5 Lomba Khas 17 Agustusan

Fimela.com, Jakarta Menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke-74, banyak masyarakat Indoensia pasti mengadakan perlombaan di wilayah tempta tinggalnya. Beberapa lomba memang sangat khas dan pasti diadakan demi memeriahkan suasana sekaligus memompa semangat kemerdekaan warga. Tapi pernahkah penasaran apa sebenarnya makna setiap perlombaan yang selalu ada saat acar 17 Agustusan? Yuk simak.

1. Panjat Pinang

Lomba panjat pinang sangat menantang banyak orang karen aharus menunjukkan usaha keras memanjat batang yang tinggi untuk meraih hadiah. Semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukkan tim dalam perlombaan ini sangat bernilai. Untuk mencapai satu tujuan, mereka harus mau berkorban di bawah dan ada yang berjuang di atas, seperti itu pula semangat juang para pahlawan terdahulu, gorong royong tanpa kenal kelas.

2. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk menuntut usaha individu untuk bisa menghabiskan kerupuk. Perlombaan ini mengajarkan kegigihan, tidak mudah menyerah sekaligus bersyukur karena hanya dengan kerupuk, makanan murah meriah yang disukai semua kalangan, kita bisa menghargai kesulitan pangan pada masa penjajahan. Agar bisa makan kerupuk saja susah, apalagi makanan lain yang dirampas oleh penjajah.

Arti 5 Lomba Khas 17 Agustusan

3. Tarik Tambang

Lomba tarik tambang menggambarkan kekompakan, kegigihan, kerja sama dan kekuatan antar tim. Persatuan yang ditunjukkan tim yang bahu membahu berusaha menarik tambang juga menunjukkan betapa para pejuang terdahulu harus berusaha keras mendapatkan kemerdekaan.

4. Balap Karung

Lomba balap karung menunjukkan usaha keras tak pernah menyerah sekaligus menggambarkan susahnya mendapat pakaian yang layak pada zaman penjajahan dan yang ada hanya karung goni. Penderitaan rakyat saat dijajah ini kemudian dilampiaskan dengan menginjak-injang karung goni tersebut. Sekaligus menggambarkan bahwa betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terbatasi oleh karung.

5. Perang Bantal

Lomba perang bantal bukan hanya menunjukkan kekuatan dan pantang menyerah tapi juga pertahanan yang ditunjukkan dengan usaha keras. Ini juga usaha yang ditunjukkan para pejuang di zaman penjajahan terdahulu.

Nah, kira-kira perlombaan mana yang paling sering Sahabat Fimela ikuti? Jangan lupakan juga perjuangan para pahlawan yang tersirat di dalam setiap perlombaan yang diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Ikut Lomba 17-an, Raffi Ahmad: Balap Karung Selalu Juara Satu
Artikel Selanjutnya
Rayakan HUT RI Ke-74 Lewat Lakon Sumpah Pejuang