Sukses

Lifestyle

Tips agar Nasi Kuning Mengilap, Tambahkan Bahan Ini

ringkasan

  • Tambahkan air jeruk nipis pada air rebusan kunyit
  • Tambahkan beras ketan supaya saat dibentuk kerucut menjadi tumpeng

Fimela.com, Jakarta Nasi kuning sering dibuat untuk berbagai macam acara hajatan atau syukuran. Bahkan sering digunakan untuk nasi tumpeng. Rasanya yang gurih dipadukan dengan aneka lauk pauk membuat nasi kuning selalu menjadi primadona di berbagai acara spesial.

Nasi kuning dengan warna kunyit yang cerah pun pastinya akan menambah daya tarik hidangan. Akan lebih tampak spesial lagi bila nasi kuning bisa terlihat mengilap. Untuk membuat nasi kuning yang mengilap pun ternyata tidak terlalu susah.

 

 

 

Tambahkan Air Perasan Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon

Warna kuning didapatkan dari air rebusan kunyit segar. Air rebusan ini bisa kita tambahkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon agar nanti hasil nasi yang dimasak tampak lebih mengilap.

Penambahan air jeruk nipis atau air jeruk lemon juga dilakukan setelah beras diaron. Bisa juga ditambahkan saat nasi baru matang dan diangkat. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak air jeruk nipis atau jeruk lemon karena khawatir akan memengaruhi rasanya.

Tambahkan Sedikit Beras Ketan

Cara ini bisa digunakan bila kita ingin membuat nasi tumpeng dengan nasi kuning. Kita bisa menambahkan sedikit beras ketan supaya saat dibentuk kerucut menjadi tumpeng lebih mudah merekat. Tampilan nasi pun jadi lebih mengilap karena tekstur beras ketan yang lebih padat.

Semoga info ini bisa membantumu membuat nasi kuning dengan tampilan yang lebih cantik, ya. Bila Sahabat Fimela punya tips lain, boleh lho berbagi tipsnya di sini juga.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Membuat Tumis Cumi yang Empuk
Artikel Selanjutnya
4 Tanda Kehamilan yang Sehat, Sudah Tahu?