Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Caramelized Onions agar Tidak Pahit

ringkasan

  • Irisan Bawang Bombay Jangan Terlalu Tipis
  • Tambahkan Sedikit Garam
  • Gunakan Mentega dan Minyak Zaitun

Fimela.com, Jakarta Caramelized onions atau bawang bombay karamel bisa digunakan untuk aneka isian. Seperti untuk isian burger dan roti lapis. Bisa juga dinikmati untuk aneka pugasan berbagai menu dan lauk-pauk. Hanya saja bila salah memasaknya, caramelized onions bisa terasa pahit dan jelas rasanya jadi tidak enak.

Untuk membuat caramelized onions yang harum dan tidak pahit, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Proses pembuatannya sebenarnya tidak susah, tapi memang ada sejumlah hal penting yang harus diketahui agar aromanya harum. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Irisan Bawang Bombay Jangan Terlalu Tipis

Bawang bombay yang sudah dicuci bersih, dibuang akar dan tangkainya. Kemudian, belah jadi empat bagian lalu iris setebal kuran lebih 2 mm. Jangan terlalu tipis agar nanti ketika dimasak tidak gampang gosong. Pastikan setiap irisan saling terpisah alias tidak menggumpal atau masih menempel satu sama lain.

2. Tambahkan Sedikit Garam

Ini salah satu tips penting untuk mencegah bawang bombay jadi kering atau gampang gosong saat dimasak. Taburi irisan bawang dengan garam secukupnya. Aduk rata. Diamkan sejenak sebelum dimasak. Penambahan garam ini juga diyakini bisa memaksimalkan proses karamelisasi bawang bombay.

 

3. Gunakan Mentega dan Minyak Zaitun

Kalau hanya menggunakan mentega saja, nantinya bawang akan rentan gosong. Panaskan mentega dan minyak zaitun secukupnya dengan api kecil. Setelah itu, baru masukkan irisan bawang bombay. Disarankan untuk membuat caramelized onions dalam jumlah banyak sekaligus agar hasilnya lebih juicy.

4. Dimasak dengan Terus Diaduk hingga Layu

Bila ingin rasanya lebih manis, kita bisa menambahkan gula pasir. Terus aduk perlahan selama proses pemasakan. Masak hingga layu dan mengeluarkan aroma harum. Saat bagian pinggir irisan bawang bombay sudah tampak agak kering, segera angkat dan matikan api.

Kandungan gula dalam bawang bombay yang menjadi karamel menjadi keunikan olahan ini. Caramelized onions ini pun cocok disantap dengan nasi putih hangat. Perpaduan rasa manis dan aromanya yang gurih membuatnya cocok dipadukan dengan apa saja. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading