Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Daging Steak Empuk dan Lebih Lembut

ringkasan

  • Gunakan Daging dengan Ketebalan 3-4 cm
  • Direndam dengan Bubur Nanas
  • Daging Ditusuk-tusuk atau Ditumbuk Sebentar

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang paling suka steak dengan tekstur daging yang empuk dan lembut? Tiap orang punya preferensi sendiri terkait daging steak yang paling pas sesuai selera. Bagi yang ingin daging steak lebih empuk dan lembut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses memasaknya.

Mulai dari pemilihan daging dan proses untuk membuat daging empuk, ada tips-tips yang perlu kita ketahui. Bagi yang ingin mencoba membuat steak ala restoran yang lezat di rumah, pahami juga hal-hal ini, ya.

1. Gunakan Daging dengan Ketebalan 3-4 cm

Daging has dalam merupakan bagian daging yang paling empuk. Kita bisa menggunakannya untuk membuat steak. Disarankan untuk memotong daging dengan ketebalan 3-4 cm untuk memudahkan proses memasaknya. Jika terlalu tipis, dikhawatirkan nanti teksturnya malah kasar dan mudah gosong. Sedangkan kalau terlalu tebal dikhawatirkan matangnya tidak merata.

2. Direndam dengan Bubur Nanas

Khususnya bila kita menggunakan daging lokal yang secara umum lebih keras dibandingkan daging impor, kita perlu menggunakan cara yang tepat agar daging lebih cepat empuk. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan bubur nanas. Buah nanas yang sudah dihaluskan dengan blender bisa kita gunakan untuk merendam daging selama sekitar 30 menit. Rendam dalam wadah kedap udara dan diamkan di dalam kulkas. Setelah selesai direndam, daging bisa dicuci hingga bersih.

 

3. Daging Ditusuk-tusuk atau Ditumbuk Sebentar

Kita bisa cukup menggunakan bumbu dasar untuk membumbui dagiang, seperti garam, lada, minyak zaitun, dan bawang putih bubuk. Kemudian, daging dapat ditusuk-tusuk di beberapa bagian agar bumbunya meresap. Bila perlu, daging bisa ditumpuk atau dipukul dengan palu daging agar bumbunya meresap. Setelah itu diamkan lagi selama sekitar 30 menit.

4. Panggang dengan Wajan Datar

Lelehkan margarin atau panaskan sedikit minyak di wajan datar anti lengket. Lalu masukkan daging dan panggang hingga matang. Tingkat kematangan bisa kita pilih sendiri sesuai selera.

Sebelum dinikmati, daging steak perlu dibiarkan beberapa menit terlebih dahulu agar sari dagingnya tertahan di dalam daging. Nikmati steak selagi hangat. Semoga tips kali ini bisa membuatmu lebih percaya diri dalam membuat steak yang sesuai selera, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Gabungan Tiga Aroma dan Rasa dalam Parfum Terbaru L'Occitane dan Pierre Hermé
Artikel Selanjutnya
Volume+, Hair Extension Alami dari Jepang untuk Atasi Kerontokan Rambut