Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Minyak Bawang Putih Serbaguna

ringkasan

  • Gunakan Takaran yang Tepat
  • Bawang Putih Dikupas, Lalu Dicincang
  • Panaskan Hingga Warna Bawang Kekuningan

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat masakan yang sedap, kita bisa menggunakan berbagai macam cara. Menggunakan racikan bumbu yang pas hingga menambahkan penyedap rasa bisa dilakukan. Satu lagi cara yang paling mudah untuk membuat masakan terasa lebih sedap dan gurih adalah dengan menggunakan minyak bawang putih.

Minyak bawang putih termasuk "penyedap" yang serbaguna. Kita bisa menggunakannya untuk aneka menu tumisan, untuk ditambahkan ke mi kuah, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Minyak bawang putih mudah dipadukan dan dikreasikan untuk membuat hidangan yang lezat.

Gunakan Takaran yang Tepat

Nah, untuk membuat stok minyak bawang putih, caranya cukup mudah. Takaran bawang putih (dalam gram) dan minyak sayur (dalam ml) bisa dengan perbandingan 1:1. Misalnya, untuk 250 gram bawang putih kita bisa menggunakan 250 ml minyak sayur.

 

 

Bawang Putih Dikupas, Lalu Dicincang

Kita bisa mencincang bawang putih dengan cara manual menggunakan pisau tajam. Tapi bila ingin lebih cepat kita bisa menggunakan mesin pencincang (chopper) untuk mencincang bawang putih.

Panaskan Hingga Warna Bawang Kekuningan

Siapkan wajan, tuang minyak sayur, lalu masukkan bawang putih cincang. Nyalakan api sedang, kemudian aduk. Masak sampai warna bawang jadi kekuningan. Tidak perlu sampai terlalu kecokelatan karena proses pematangan bawang akan terus berlangsung selama minyak masih panas. Jadi, ketika bawang sudah mulai kekuningan, segera matikan api.

Minyak bawang putih bisa disimpan di dalam stoples kaca untuk stok di rumah. Tidak terlalu sulit kan membuatnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading