Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Kuah Bakso yang Bening dari Tulang Sapi

ringkasan

  • Bersihkan Tulang dari Sisa Bekas Darah
  • Buang Air Rebusan Pertama
  • Saring Kaldu

Fimela.com, Jakarta Kuah bakso yang sedap bisa dibuat dari tulang sapi. Apalagi bila kuah yang sedap tersebut memiliki tampilan yang bening, rasanya pun jadi lebih nikmat. Untuk membuat kuah yang bening pun perlu cara tersendiri, ada sejumlah hal penting yang paling dasar yang perlu kita ketahui dalam pembuatannya.

Proses pemilihan tulang sapi hingga perebusannya perlu kita perhatikan dengan baik. Selengkapnya, langsung saja simak di sini tiga hal penting yang perlu diketahui untuk membuat kuah bakso yang bening dari tulang sapi.

1. Bersihkan Tulang dari Sisa Bekas Darah

Tulang sapi yang akan diolah untuk kaldu perlu dipotong menjadi beberapa bagian. Sesuaikan saja dengan panci yang kita punya untuk merebusnya. Kemudian, cuci bersih tulang sapi agar sisa bekas darah yang menempel hilang.

 

2. Buang Air Rebusan Pertama

Bila ingin mendapat rasa kaldu tulang sapi yang kuat, kita tak perlu memakai terlalu banyak bumbu. Bawang putih yang dimemarkan, merica, dan garam secukupnya bisa digunakan sebagai bumbu kaldu. Kita bisa menggunakan sekitar 3 liter air untuk 1 buah tulang sapi.

Potongan tulang sapi bisa direbus bersama air sampai mendidih. Setelah itu, buang air rebusan yang pertama ini. Kemudian, ganti dengan air baru lalu rebus kembali sampai mendidih dengan api kecil. Masak hingga seperempat bagian airnya berkurang. Bila ada lemak yang mengapung, segera ambil dan buang.

3. Saring Kaldu

Air kaldu bisa kita saring. Daging yang masih menempel di tulang bisa kita keruk lalu kita masukkan ke dalam air kaldu untuk membuat rasanya lebih sedap. Setelah itu, kita bsia menggunakan air kaldu ini untuk membuat bakso. Bila suka, kita bisa menambahkan garam atau penyedap rasa untuk membuat rasanya lebih gurih. 

Tidak terlalu sulit kan membuatnya? Semoga tips ini bermanfaat, ya. Selamat memasak! 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Buncis Goreng Cabai Garam yang Enak
Artikel Selanjutnya
4 Cara Memasak Makanan Agar Tak Kehilangan Nutrisi