Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, Kecanduan Aplikasi Kencan Tanda dari Kesepian

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menemukan jodoh. Salah satunya adalah dengan bermain aplikasi kencan dan mengenal lebih banyak orang lewat aplikasi tersebut.

Selama ini, tidak sedikit orang yang memang menemukan jodohnya di aplikasi kencan. Namun Sahabat Fimela, bermain aplikasi kencan terlalu sering dan berlebihan sangat tidak baik buat kesehatan mental.

Melansir dari laman PsyPost, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika orang-orang yang kencanduan memakai aplikasi kencan menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami kesepian akut. Hampir sama dengan orang yang terlalu banyak menghabiskan waktu di sosial media, orang-orang ini diprediksi tidak memiliki kehidupan menarik dan menyenangkan secara nyata.

Dampak Kecanduan Memakai Aplikasi Kencan

Studi yang dipublikasikan di Journal of Social Personal Realtionship menemukan jika orang-orang yang kecanduan memakai atau memainkan aplikasi kencan adalah orang yang kesepian. Mereka cenderung mengalami kecemasan berlebih dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Para ahli mengungkapkan jika kecanduan memakai aplikasi kencan atau sosial media lain bisa meningkatkan berbagai masalah dalam kehidupan seseorang. Masalah itu bisa terjadi di lingkungan keluarga, pekerjaan, sekolah atau lingkungan masyarakat. Kathryn Coduto, salah satu peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat mengungkapkan jika kecanduan aplikasi kencan bisa membuat seseorang kesulitan menemukan hubungan yang pas dan serius di dunia nyata.

Coduto mengatakan, "Orang-orang yang kesepian dan gelisah secara sosial adalah mereka yang sangat mungkin mengalami kecanduan terhadap pemakaian aplikasi kencan. Mereka yang kurang bisa bersosialisasi di dunia nyata merasa lebih nyaman dan percaya diri berkenalan di aplikasi kencan dan berkomunikasi lewat sosial media."

Menurut para ahli, tak apa mencari jodoh lewat aplikasi kencan. Tapi harus diingat, ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan pikiran lebih tenang. Ini juga harus diimbangi dengan kehidupan sosial yang baik sehari-harinya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Ingin Terganggu, 5 Zodiak Ini Suka Blokir Teman di Sosial Media
Artikel Selanjutnya
10 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Oleh Pejuang LDR