Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Sederhana Ini Ternyata Bisa Melatih Otak Tetap Aktif

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya tubuh saja yang butuh dilatih setiap hari agar sehat dan bugar, otak juga akan bekerja dengan lebih baik jika terus dilatih dan diasah. Namun olahraga macam apa yang bisa sekaligus latihan kesehatan otak? Ternyata tidak butuh hal-hal rumit jika ingin melatih otak tetap bugar, lakukan saja sekian hal ini.

1. Melakukan hal baru

Rutinitas bukan hanya membuatmu jenuh namun juga membuat otak berhenti berkembang. Ketika ada suatu hal baru yang kamu lakukan tiba-tiba di sela-sela harimu yang selalu sama, akan ada respon atau stimulasi positif di otak terhadap tubuh terutama yang melibatkan panca indera yang membuat sel-sel lebih kuat dan resiten terhadap penuaan dini.

2. Pemanasan pagi hari

Tidak selalu harus olahraga berat di pagi hari, bahkan sekedar stretching atau meregangkan otot pagi hari ditambah dengan latihan pernapasan setelah bangun tidur sudah mampu membuat otak aktif sebelum memulai aktivitas. Asupan oksigen yang banyak di pagi hari akan membuat otak lebih segar dan merespon dengan lebih cepat.

Aktivitas Sederhana yang Bisa Melatih Kebugaran Otak

3. Menggosok gigi dengan tangan yang tidak dominan

Jika kamu pengguna tangan kanan, menyikat gigilah dengan tangan kiri, begitu sebaliknya jika kamu kidal, gosoklah gigi sesekali dengan tangan kanan. Perbedaan sederhana ini memberikan tantangan menarik pada otak. Penelitian menemukan bahwa menyikat gigi dengan sisi berlawanan menghasilkan ekspansi cepat dan substansial pada korteks yang bertugas mengontrol dan memproses informasi melalui sentuhan tangan.

4. Mandi dengan mata tertutup

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata mandi dengan menutup mata mampu memberi tantangan tersendiri untuk otak. Tanpa indera penglihatan, otak harus bekerja lebih keras mengenali tekstur dan mengingat benda-benda di sekitarnya dan menggunakan dengan baik.

5. Membaca atau mewarnai

Bosan melakukan apapun, coba membaca atau mewarnai buku gambar. Baca buku apapun yang kamu suka, bahkan jika itu komik atau sekedar koran atau majalah. pengalaman membaca dari buku berbeda dengan memca artikel di internet. Saat ini juga banyak buku mewarnai dewasa yang bisa melatih kreativitas otak.

Jadi, jangan anggap sepele kesehatan dan kebugaran otak, karena ternyata otak juga butuh dilatih setiap hari agar tidak menua.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading