Sukses

Lifestyle

Berkenalan dengan Ki Jaga Raksa, Kereta Pembawa Bendera Pusaka di HUT RI ke 74

Fimela.com, Jakarta Selamat HUT RI ke 74, Indonesia! Hari ini, 17 Agustus 2019 rasanya semua orang sedang sangat bersemangat merayakan hari kemerdekaan, hari bebasnya bangsa ini dari penjajahan berkepanjangan.

Menengok prosesi upacara pengibaran bendera di Istana Negara RI untuk HUT RI ke 74 ini, ternyata ada beberapa hal baru dari tahun sebelumnya, seperti proses kirab budaya untuk mengarak Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka dengan kereta kencana Ki Jaga Raksa yang dipilih langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Ki Jaga Raksa merupakan kereta kencana yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dibuat pada tahun 2009 di Solo, Ki Jaga Raksa baru diturunkan dari Bale Nagri dan dibawa ke Jakarta pada hari Kamis lalu untuk mengikuti prosesi HUT RI ke 74.

 

Berkenalan dengan Ki Jaga Raksa, kereta kencana pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi

Menurut keterangan dari Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, Ki Jaga Raksa merupakan simbol penghormatan terhadap leluhur Sunda, khususnya Raja Padjajaran, yaitu Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja. Jika nama Ki Jaga Raksa dijabarkan lagi, Ki merupakan sebutan untuk sebuah benda, Jaga berarti melindungi, dan Raksa berarti hati, ketika digabungkan Ki Jaga Raksa memiliki makna Sang Penjaga Hati.

Nama Ki Jaga Raksa selaras dengan gelar yang dimiliki oleh Prabu Siliwangi, yaitu Ki Pamanah Rasa. Kirab budaya Ki Jaga Raksa yang membawa Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi ditarik oleh 6 ekor untuk diserahkan ke Istana Negara.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading