Sukses

Lifestyle

Berbahaya, Yuk Kenali Gejala Pneumonia dan Cara Pengobatannya

Fimela.com, Jakarta Paru-paru bertugas untuk memompa udara yang masuk dalam tubuh. Keberadaannya sangat penting dan vital untuk keberlangsungan hidup manusia. Peran penting lainnya yang diemban oleh paru-paru ialah sebagai pelindung organ hati dari guncangan, pengendali pH darah, serta fungsi penting lainnya. Lalu, bagaimana jika organ tersebut mengalami kerusakan? Tentunya akan berpengaruh pada nyawa penderitanya.

Salah satu penyakit yang kerap menyerang paru-paru adalah Pneumonia. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga dewasa. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, penyakit ini bisa beresiko mematikan. Walau tidak sepopuler penyakit kanker, namun bukan berati penyakit ini bisa diabaikan begitu saja.

Pneumonia bisa dikenal dengan paru-paru basah atau radang paru-paru. Penyakit ini ditandai dengan infeksi yang disebabkan oleh virus. Infeksi tersebut menyerang alveoli yang merupakan bagian terkecil paru-paru. Alveoli yang terinfeksi akan dipenuhi cairan atau nanah dan menghambat proses pernapasan. Perlu diketahui, alveoli merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Penyebab dan cara mengatasi Pneumonia

Penyebab Pneumonia:

Penyebabnya diakibatkan oleh virus atau bakteri yang menyerang paru-paru.

  • Bakteri Streptococcus dan Bakteri Mycoplasma Penumoniae.
  • ¬†Virus Penyebab Flu
  • Virus Penyebab Demam
  • RSV Virus (cenderung menyerang anak di bawah 1 tahun)

Lingkungan yang tidak sehat menjadi penyebab yang mempermudah seseorang terjangkit pneumonia. Bahkan sebuah penelitian di European Respiratory Journal mengungkapkan bahwa kondisi tangan yang tidak steril juga menjadi akar penyebab pneumonia. Tangan yang kotor juga bisa menjadi media ideal untuk pneumonia berkembang.

Cara pengobatannya:

Cara pengobatannya tergantung pada keparahan, umur, dan kesehatan.

  • Antibiotik, untuk mengobati bakteri pneumonia dan membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi tipe dari bakteri
  • Obat Antivirus, untuk menangani virus pneumonia dan akan membaik dalam 1-3 minggu
  • Obat penurun deman, seperti aspirin atau ibuprofen
  • Obat flu dan batuk untuk meredakan dua penyakit tersebut karena bisa menolong pengurangan dan perpindahan cairan dari paru-paru

Selain itu alternatif pengobatan Pneumonia dapat dialihkan dengan imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine).

Imunisasi PCV lebih dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak yang rentan terkena penyakit ini. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapat imunisasi PCV memang tidak sedikit, namun PCV terkenal dengan kemampuannya mencegah bakteri yang menyerang paru-paru.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim