Sukses

Lifestyle

Ajang Seni Rupa Internasional Segera Terselenggara di Jakarta

Fimela.com, Jakarta Bagi para penggemar seni, moment satu ini tentu tak boleh terlewatkan. Ajang seni rupa Art Jakarta akan mengisi agenda kamu di akhir bulan Agustus nanti. Terselenggara pada tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019 mendatang, Art Jakarta akan mengambil lokasi Jakarta Convention Center sebagai venue pameran seni rupa yang dinanti.

Tom Tandio yang merupakan pelaku seni rupa akan menjadi Direktur Pameran dan bekerjasama dengan kurator seni Enin Supriyanto yang menjabat sebagai Direktur Artistik Art Jakarta 2019. Dua tokoh penting ini akan berkolaborasi untuk menghadirkan kesegaran dan nilai tambah bagi Art Jakarta. Pengetahuan serta pengalaman keduanya di kancah seni rupa lokal maupn internasional diyakini mampu memberi arahan yang tepat bagi Art Jakarta.

Ajang ini akan dijadikan tolak ukur bagi perkembangan pasar seni rupa di Indonesia hingga Asia Tenggara, Selain itu, ada pula desainer grafis Henricus Linggawidjadja dari studio desain artnivora dan fotografer Indra Leonardi dari studio The Leonardi yang terlibat dalam perhelatan ini sebagai Direktur Desain dan Direktur Fotografi. Studio arsitektur Dua Studio juga akan berkolaborasi dengan tim Art Jakarta untuk menampilkna rancangan segar bagi tata pamer Art Jakarta.

Art Jakarta 2019

Di tahun 2019 ini, Art Jakarta juga mengambil moment untuk memperkenalkan identitas baru sebagai pasar seni yang dapat menjadikan Jakarta sebagai salah satu pusat seni rupa kontemporer Asia sambil memperkuat kedudukan Indonesia sebagai salah satu pilar penting dalam perkembangan seni rupa di Asia. “Perubahan yang kami lakukan ini merupakan salah satu cara untuk merepresentasikan komitmen kami untuk membangun landasan bagi komunitas seni rupa baik lokal maupun internasional untuk bisa berinteraksi,” Enin mengatakan.

Di tahun 2018 tepat dengan 10 tahun terselenggaranya Art Jakarta, sebanyak 40 ribu pencinta seni berkunjung ke event ini. Pemindahan lokasi dari Pacific Place ke Jakarta Convention Center merupakan cara yang dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya.

Aktivitas menarik di Art Jakarta

Akan ada 70 galeri yanag berpartisipasi dari dalam dan kuar negeri di tahun ini. Dengan jumlah peserta luar negeri yang lebih besar daripada peserta dari dalam negeri, kita bisa mengindikasikan kondisi dan kepercayaan yang baik dari pasar seni dunia terhadap penyelenggara Art Jakarta khususnya dan pasar seni rupa Indonesia umumnya,” Tom Tandio mengungkapkan. Enam program dengan fokus yang berbeda menjadi pilar yang akan menopang penyelenggaraan Art Jakarta 2019 ini. Art Jakarta Galleries, Art Jakarta Spot, Art Jakarta X, Art Jakarta Play dan Art Jakarta Scene. Ada pula program Art Unlimited yang merupakan kerjasama Art Jakarta dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Sejak awal, Art Jakarta menjalani penggalangan dana melalui lelang karya seni rupa yang telah menjadi agenda tetap setiap tahunnya. Dan di tahun 2019 ini, akan ada 10 karya seniman dalam bentuk karpet yang akan dilelang untuk kegiatan amal. Ada pula deretan talk show dengan topik seni rupa yang akan mengisi akativitas di Art Jakarata nanti.

 

 

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading