Sukses

Lifestyle

8 Tips Cegah Flu Setiap Hari yang Disarankan Setiap Dokter

Fimela.com, Jakarta Meski memang bukan penyakit yang sangat serius seperti kanker, namun flu juga bisa mengganggu aktivitas harian setiap orang. Ketika terserang flu, orang akan mengalami tak enak badan yang terkadang mengharuskannya istirahat total.

Itulah mengapa, sebaiknya setiap orang tahu bagaimana cara mencegah flu agar tak perlu mengalaminya, dan sebenarnya banyak dokter sudah sering menjelaskan hal-hal sederhana apa saja yang perlu dilakukan agar tak perlu terserang flu. Seperti yang juga diarankan Keri Peterson, MD dalam Women's Helath berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Istirahat malam hari ini sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh terhadap penyakit. Ketika tubuh kurang tidur, imun tubuh akan menurun drastis sehingga membuatmu lebih rentan terinfeksi virus.

2. Makan makanan berbasis tumbuhan

Buah, sayur, biji-bijian dan lainnya adalah makanan terbaik jika ingin menjaga tubuh sehat dan kebal terhadap infeksi virus. Asupan antioksidan yang banyak di tubuh membuat tubuh lebih baik melawan infeksi virus flu.

3. Menjaga kebersihan

Secara umum, inilah yang harus dilakukan setiap orang. Menjaga kebersihan rumah, tempat tidur, kamar mandi dan segala bagian di rumah, terutama benda-benda yang mudah disentuh siapa saja seperti gagang pintu, gelas, remote control dan lainnya.

4. Jangan stres

Hidup memang membuatmu stres di waktu tertentu, namun miliki kemampuan mengelola mental sehingga tak pelru stres berlebihan karena kadar stres tinggi akan menurunkan imun tubuh sehingga membuatmu rentan sakit.

Cara Mencegah Flu Setiap Hari

 

5. Minum cukup air putih

Jaga tubuh tidak dehidrasi setiap hari karena air putih memegang peran penting dalam membuang racun dalam tubuh serta menjaga kestabilan metabolisme dan kekebalan tubuh. Jadi jangan remehkan kurang minum air putih.

6. Cuci tangan

Cuci tangan setiap kali selesai melakukan sesuatu, seprti misalnya setelah dari toilet umum, setelah berjabat tangan, setelah memegang hewan, dan sebelum makan. Ajarkan juga anak atau keluarga untuk membiasakan diri mencuci tangan.

7. Cukupi kebutuhan vitamin C

Punya banyak kegiatan yang membuatmu lelah namun jarang bisa menjaga pola makan yang baik, pastikan minum vitamin C atau suplemen sehingga bisa menjaga kekebalan tubuh tetap prima.

8. Membawa tisu dan hand sanitizer ke mana pun

Jangan lupa menyiapkan tisu basah atau hand sanitizer ke mana pun untuk menjaga kebersihan, apalagi jika tidak sempat mencuci tangan setelah melakukan sesuatu.

Jadi, kira-kira poin manakah yang sudah rutin kamu terapkan, Sahabat Fimela? Semoga tetap sehat dan tak perlu terkena flu karena pancaroba ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Sambal Lotis untuk Rujak Buah
Artikel Selanjutnya
Bukan Cuma Area Mata, Lindungi 3 Bagian Tubuh Lainnya yang Cepat Menua