Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Masakan Bersantan Tak Mudah Basi

ringkasan

  • Gunakan Santan dari Kelapa Tua
  • Masakan Bersantan Dimasak Sampai Benar-Benar Matang
  • Simpan dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Santan kelapa bisa memberi cita rasa yang lebih gurih dan sedap pada aneka masakan. Olahan daging atau sayuran bisa dimasak dengan santan kelapa untuk dijadikan sajian yang lezat. Hanya saja jika salah mengolahnya, masakan bersantan akan mudah basi.

Agar masakan bersantan tidak gampang basi dan bisa awet lebih lama untuk dikonsumsi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu kuncinya adalah pemilihan dan proses pemasakan santan kelapa. Selengkapnya, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan Santan dari Kelapa Tua

Santan kelapa segar bisa membuat masakan jadi lebih lezat. Sangat disarankan untuk memilih kelapa tua untuk dijadikan santan kelapa. Kandungan minyak yang lebih banyak pada kelapa tua pun bisa membuat masakan jadi terasa lebih gurih. Kelapa yang bagus untuk dijadikan santan masakan adalah yang daging kelapanya sudah keras dan mudah patah dan pilih yang kulit arinya masih agak terang.

2. Masakan Bersantan Dimasak Sampai Benar-Benar Matang

Dalam proses memasak, masak sampai kuah mendidih dan biarkan selama sekitar 10 menit atau kuahnya sedikit berkurang. Selama proses memasak, kita perlu terus mengaduknya agar santan tidak pecah atau meluap. Masakan santan yang dimasak sampai benar-benar matang ini nantinya tidak mudah basi. Bisa bertahan cukup lama dan rasanya pun lebih lezat.

 

 

3. Simpan dalam Kulkas

Bila ingin menyimpan masakan untuk stok selama dua atau tiga hari, masakan bersantan bisa disimpan di dalam kulkas. Setelah masakan matang, diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang. Setelah dingin, kita bisa menyimpannya di suhu ruang untuk segera disantap. Kemudian selanjutnya bisa disimpan di dalam kulkas untuk stok keesokan harinya.

4. Hangatkan Kembali sebelum Disantap

Masakan bersantan bisa tahan lama untuk dikonsumsi dengan menghangatkannya kembali sebelum disantap. Dalam proses penghangatan masakan, gunakan api kecil saja dan tak perlu terlalu sering diaduk. Hangatkan sampai mendidih, lalu nikmati makanan selagi hangat. 

Itu tadi empat tips mudah yang bisa dicoba agar masakan bersantan tidak mudah basi. Selalu cek tekstur dan aromanya sebelum mengonsumsinya. Bila masakan bersantan mulai berledir dan berbau agak asam, sebaiknya tak dikonsumsi.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Ide Destinasi dengan Wellness Retreat di Negeri Paman Sam
Artikel Selanjutnya
Jenis Musik Ini yang Membuat Orang Tidak Mudah Stres Saat Bekerja