Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyimpan Santan Kelapa Segar agar Tahan Lama

ringkasan

  • Santan Kelapa Disaring Sampai Benar-Benar Bebas dari Kotoran
  • Simpan dalam Wadah Non Logam dan Tertutup
  • Santan Direbus Dulu dengan Garam hingga Mendidih

Fimela.com, Jakarta Santan kelapa segar bisa membuat masakan jadi lebih gurih dan sedap. Saat ini memang sudah banyak tersedia santan kelapa instan yang bisa langsung digunakan untuk memasak. Tapi bila ingin cita rasa masakan yang lebih otentik, santan kelapa segar tetap menjadi pilihan yang terbaik.

Agar tekstur dan rasanya tidak cepat rusak, santan kelapa segar harus disimpan dengan benar. Idealnya santan kelapa perlu langsung digunakan untuk memasak untuk menciptakan makanan yang lezat. Tapi bila tidak sempat menggunakannya langsung, kita bisa menyimpannya dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Santan Kelapa Disaring Sampai Benar-Benar Bebas dari Kotoran

Pastikan santan kelapa sudah benar-benar bebas dari kotoran. Bila perlu, saring santan kelapa sebanyak dua kali untuk memisahkan dan membuang kotorannya. Dengan menghilangkan kotorannya, risiko santan kelapa terkontaminasi akan berkurang.

2. Simpan dalam Wadah Non Logam dan Tertutup

Santan kelapa merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mudah busuk jika disimpan atau dibiarkan di wadah terbuka. Simpan santan kelapa dalam wadah tertutup. Disarankan pula untuk memilih bahan non logam untuk menyimpannya. Dikhawatirkan bila menggunakan wadah logam untuk menyimpannya, rasa otentik santan kelapa akan berkurang. Kita bisa memilih wadah yang terbuat dari kaca dengan tutup rapat unutk menyimpan santan.

 

 

3. Santan Direbus Dulu dengan Garam hingga Mendidih

Jika ingin menyimpan santan kelapa untuk waktu yang lebih lama, kita bisa merebusnya terlebih dahulu dengan garam secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih atau mengeluarkan letupan. Santan yang sudah direbus ini bisa tahan lebih lama. Rasanya pun jadi lebih gurih karena diberi garam.

4. Simpan dalam Freezer

Santan kelapa beku bisa tahan lebih lama. Menyimpannya di dalam freezer dan membekukannya bisa jadi salah satu alternatif yang dapat dicoba bila punya stok santan kelapa yang cukup banyak. Bisa disimpan dalam wadah tertutup atau dalam kantong plastik. Saat akan menggunakannya kembali, santan kelapa beku bisa dibiarkan beberapa saat untuk mencair terlebih dahulu.

Semoga tips-tips di atas bisa jadi referensi bermanfaat agar santan kelapa bisa lebih tahan lama, ya. Dengan santan kelapa segar, aneka kudapan dan masakan pun pastinya akan teras lebih nikmat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading