Sukses

Lifestyle

Tak Ingin Kram, 7 Makanan Ini Harus Dimakan Selama Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Selama menstruasi, permepuan cenderung mengalami hormon yang tidak seimbang sehingga rentan mengalami kram di area bawah perut dan punggung. Jika tidak diatasi dengan baik, rasa nyeri ini bisa mengganggu aktivitas harian. Namun masalah ini bisa diatasi dengan makan makanan yang tepat selama menstruasi. Untuk mencegah kram, ini sekian makanan sehat yang perlu dikonsumsi.

1. Air putih

Lebih banyaklah minum air putih untuk menjaga kelancaran peredaran darah sekaligus menjaga pembuluh darah tidak kaku. Seringkali kram otot terjadi karena kurangnya cairan atau keadaan tubuh dehidrasi.

2. Sayuran hijau

Makan sayuran terutama yang berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan selada mampu memberikan asupan serat yang baik untuk menjaga pencernaan sehat sekaligus memberi asupan zat besi yang digunakan untuk memproduksi sel darah merah.

3. Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 dibutuhkan selama menstruasi untuk mencegah kram dan menurunkan derita kram dengan cara merilekskan otot-otot tubuh di sekitar area organ intim.

Makanan untuk Menstruasi

4. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi dan kalium untuk menjaga suasana hati yang baik, karena hormon sangat bisa mengacaukan mood-mu. Pisang juga membantu perempuan mengatasi diare selama menstruasi akibat hormon yang tidak stabil.

5. Cokelat

Cokelat bukan hanya akan menjaga mood yang baik dan bahagia tapi juga berfungsi meredakan kram karena kandungan antioksidannya sangat baik menjaga otot yang rileks.

6. Teh

Teh bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan cairan tuuh namun juga efektif meredakan kram dan mencegahnya sebelum terjadi. Teh-teh herbal seperti teh jahe, teh hijau, teh hitam, chamomile dan lainnya, dapat membuat kram lenyap.

7. Buah tinggi vitamin C

Buah-buahan seperti strawberry, jeruk, semangka dan lainnya wajib dikonsumsi jika tak ingin mengalami kram parah. Kandungan antioksidannya mampu membuat otot rileks sekaligus menjaga mood yang baik.

Itu dia sekian makanan wajib yang bisa dimakan jika tak ingin mengalami kram selama menstruasi.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips agar Alat Masak Berbahan Teflon Lebih Awet
Artikel Selanjutnya
Selain Uang, Ini yang Bikin Orang Enggan Travelling Sendiri