Sukses

Lifestyle

Menengok 2 Tempat di Kalimantan Timur Calon Ibu Kota yang Baru

Fimela.com, Jakarta Setelah dipastikan sendiri oleh Presiden RI Joko Widodo mengenai pemindahan ibu kota Indonesia di Kalimantan, pada Kamis (22/8/2019), Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyebutkan lokasi yang sedang dipertimbangkan untuk menjadi ibu kota yang baru. Seperti ditayangkan Fokus Indosiar yang kemudian dilansir dari liputan6.com, lokasi tersebut adalah perbatasan antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, yang akan sedang dipertimbangkan menjadi lokasi ibu kota yang baru adalah area utara pesisir Kecamatan Samboja, sedangkan untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, lokasi yang sedang ditinjau adalah Semoi, Kecamatan Sepaku. Bahkan, kedua lokasi tersebut telah dibuatkan peraturan gubernur.

Mengapa kedua lokasi tersebut yang dipilih untuk menjadi ibu kota yang baru? Menurut pemaparan Isran Noor, kedua area tersebut diapit oleh Samarinda dan Balikpapan, sedangkan Samboja sendiri merupakan kawasan yang berada di garis pantai.

Ini dia calon lokasi dari ibu kota Indonesia yang baru di Kalimantan Timur

Selain itu, hal terpenting menurut Isran Noor, lokasi-lokasi yang dipilih tidak memiliki tanah adat yang sekiranya akan mengganjal pembangunan ibu kota. Meskipun telah menetapkan lokasi, gubernur tetap menunggu legalitas dari pemerintah sebelum memulai proses pembangunan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading